Sari, Fina Ratna (2022) Analisis strategi saluran distribusi pada industri penetasan unggas day old chicken dan day old duck (studi kasus pada UD. Langgeng Jaya Farm Tulungagung) / Fina Ratna Sari</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Saluran distribusi menjadi salah satu bagian penting pada sebuah pemasaran suatu produk. Suatu perusahaan perlu melaksanakan fungsi distribusi dikarenakan pendistribusian merupakan salah satu proses pada perusahaan dalam penyetokan barang atau penawaran produknya ke pasar. Saluran distribusi suatu produk merupakan alur yang dipakai oleh produsen guna menyalurkan produk yang dihasilkan agar sampai ke konsumen atau pemakai industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi memahami dan mengetahui peran saluran distribusi bagi pelaku industri penetasan Day Old Chicken dan Day Old Duck di Kabupaten Tulungagung khususnya UD. Langgeng Jaya Farm dalam mengelola saluran distribusi yang dimiliki. Penelitian ini penting untuk dilakukan sebab dalam penelitian ini akan mengkaji lebih dalam mengenai cara mendapatkan saluran distribusi cara mengelola saluran distribusi dalam kegiatan pemasaran dan cara menentukan strategi saluran distribusi yang tepat melalui analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini merupakan multi studi kasus. Dalam penelitian ini untuk mendapatkan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan analisis SWOT (Strenghts Weakness Oportunities and Threats) dalam menganalisis dan mengidentifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan strategi yang dilakukan oleh Industri Penetasan Unggas adalah strategi distribusi langsung pemasaran DOD dan tidak langsung pada pemasaran DOC. Pemasaran langsung memiliki keuntungan dari segi biaya yang utama tetapi terdapat juga kendala turunnya target penjualan yang semakin jauh. Hasil analisa menemukan penyabab dari turunnya target penjualan dikarenakan perusahaan tidak menerapkan dengan penuh saluran distribusi langsung yang salah satu cara untuk mencapainya ialah dengan memanfaatkan pemasaran secara online.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/348878 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |