Pengembangan MANSAE ( Making Accounting Newbies to Study Accounts Easily) sebagai media pembelajaran akun-akun untuk siswa SMK Jurusan Akuntansi / Devi Nur Rahmawati Firdausi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan MANSAE ( Making Accounting Newbies to Study Accounts Easily) sebagai media pembelajaran akun-akun untuk siswa SMK Jurusan Akuntansi / Devi Nur Rahmawati Firdausi

Firdausi, Devi Nur Rahmawati (2016) Pengembangan MANSAE ( Making Accounting Newbies to Study Accounts Easily) sebagai media pembelajaran akun-akun untuk siswa SMK Jurusan Akuntansi / Devi Nur Rahmawati Firdausi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Firdausi Devi Nur Rahmawati. 2016. Pengembangan MANSAE (Making Accounting Newbies to Study Accounts Easily) sebagai Media Pembelajaran Akun-akun untuk Siswa SMK Jurusan Akuntansi. Skripsi Program Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak. (II) Dr. Eka Ananta Sidharta S.E. M. M. C.A. Kata Kunci media mansae akun Seseorang yang melakukan penjurnalan akuntansi harus menguasai 4 (empat) kompetensi antara lain (1) menghafalkan nama-nama akun (2) memahami arti batasan dan karakteristik tiap akun tersebut (3) memahami mekanisme pendebitan dan pengkreditan serta (4) memahami penempatan tiap akun dalam laporan posisi keuangan dan laba rugi. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran utuk membantu menguasai kompetensi-kompetensi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan MANSAE (Making Accounting Newbies to Study Accounts Easily) sebagai media pembelajaran akun-akun untuk siswaSMK jurusan akuntansi. MANSAE berisi materi mengenai istilah akun dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris saldo normal akun pengelompokan akun klasifikasi akun dalam laporan keuangan informasi singkat mengenai akun dan pengaruh transaksi keuangan perusahaan jasa terhadap perubahan akun. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan yang mengadaptasi langkah-langkah dari Borg Gall. Langkah-langkah yang dilaksanakan adalah analisis kebutuhan pengembangan produk uji validitas produk revisi produk I uji pengguna terbatas revisi produk II dan produk akhir. Uji validitas produk dilakukan oleh ahli media dan ahli materi sementara untuk uji pengguna terbatas dilakukan oleh siswa kelas X Akuntansi SMKN 1 Turen. Data yang diperoleh ada 2 (dua) jenis yaitu (1) data kuantitatif dari penilaian angket dengan skala 1 sampai 5 dan (2) data kualitatif dari saran komentar maupun kritik yang diberikan oleh validator. Data kuantitatif dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase sementara data kualitatif dengan metode penarikan kesimpulan. Media MANSAE mendapatkan penilaian dari ahli media sebesar 97 61% dari ahli materi sebesar 88 70% dan dari pengguna terbatas sebesar 95 50%. Rata-rata dari ketiga penilaian tersebut adalah 93 94% yang artinya bahwa media MANSAE dari segi aplikasi surface features language and grammar subject matter dan offline material sudah sesuai dan layak digunakan sebagai media pembelajaran akun-akun untuk pemula di bidang akuntansi. Secara umum media MANSAE sudah layak dan menarik untuk digunakan sebagai media pembelajaran namun belum ada fitur add untuk menambahkan akun baru dan fitur edit untuk menyunting jika ada kesalahan terhadap penjelasan akun. Selain itu untuk penelitian selanjutnya diharapkan untuk megembangkan dalam platform lain seperti J2ME Blackberry iOS dan Windows Phone.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34886

Actions (login required)

View Item View Item