Yulianto, Mochammad (2016) Implementasi keterampilan pengelolaan kelas dalam pembelajaran akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Malang (studi kasus siswa kelas X Akuntansi) / Mochammad Yulianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yulianto Mochammad. 2016. ImplementasiKeterampilanPengelolaanKelasdalamPembelajaranAkuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Malang(StudiKasusSiswaKelas X Akuntansi).Skripsi Program StudiPendidikanAkuntansi JurusanAkuntansi FakultasEkonomiUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. BambangSugeng S.E. M.A. M.M.Ak Pembimbing (II) YuliWidiAstuti S.E. M.Si. Ak Kata Kunci MasalahPengelolaanKelas KeterampilanPengelolaanKelas PembelajaranAkuntansi Setiap guru mengajardalamkelastidakakanpernahlepasdaripermasalahanpengelolaankelas. Selainmengajardanmenyampaikanmateripembelajaran tugas guru adalahmengelolakondisikelasdanmeminimalisirmasalah-masalahtersebut agar terciptalingkunganbelajar yang kondusifdanefektif demi tercapainyatujuanpembelajaran. Tidakdapatdipungkiribahwa di dalamsuatukelasterdapatberbagaimacamkarakteristikpesertadidik. Hal inilah yang menyebabkantimbulnyapermasalahanpengelolaankelas. Olehkarenaitu diharapkan guru mampumenanganimasalah-masalahtersebutdanmenciptakaniklimkelas yang kondusifsehinggasiswadapatbelajardengan optimal. Fokuspenelitianpadapenelitianiniadalah (1)masalahpengelolaankelas yang cenderungmunculdalampembelajaranakuntansi (2)cara guru mengimplementasikanketerampilanpengelolaankelas (3)aspek yang menghambat guru mengimplementasikanketerampilanpengelolaankelas. Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdenganpendekatanstudikasuspadasiswakelas XAkuntansidi SMK Muhammadiyah 2 Malang. Subjekpenelitianiniadalah guru Akuntansiyang mengajarsekaligusmengimplementasikanketerampilannyadalammengelolakelas X Akuntansi.Proses pengumpulan data menggunakanmetodewawancara observasi dandokumentasi. Responden yang terkaitterdiridari guru Akuntansisebagaiinformankunci guru walikelas X Akuntansi guru Agama/WakasekKesiswaan dansiswa-siswikelas X Akuntansi. Berdasarkanhasilpenelitian dapatdisimpulkanbahwamasalah-masalah yang cenderungmunculdalampembelajaranakuntansi di kelas X AkuntansiSMK Muhammadiyah 2 Malang adalahsiswa yang kurangberkonsentrasi seringmengobrol di kelas siswamalasbelajar siswa yang mengganggutemannya maupunsiswaramaiataumembuatgaduh di kelas. Permasalahantersebutditanganioleh guru denganberbagaiteknikdanpendekataandalammengelolakelas yaitudenganmendekatisetiapsiswanya memberikanmotivasibelajarsertamenindakdanmemberikansanksibagisiswa-siswi yang melanggarperaturandalamkelas. Selainmasalahtersebut terdapataspek yang menjadikendala guru dalammengelolakelasyaituminimnyafasilitasbelajarterutamabukupaketsiswa. Sementaradaripihak guru sendirikurangkreatifdalammengelolapembelajaransehinggasiswakurangsemangatdanbosandengangayamengajar yang monoton.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34875 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |