Manajemen pendidikan karakter dalam pembelajaran di International Class Programme SD Laboratorium Universitas Negeri Malang / Andra Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pendidikan karakter dalam pembelajaran di International Class Programme SD Laboratorium Universitas Negeri Malang / Andra Kurniawan

Kurniawan, Andra (2012) Manajemen pendidikan karakter dalam pembelajaran di International Class Programme SD Laboratorium Universitas Negeri Malang / Andra Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pendidikan karakter pembelajaran manajemen pembelajaran Sistem pembelajaran yang mengarah pada peningkatan kompetensi secara menyeluruh perlu diimplementasikan guna mengembangkan seluruh potensi individu manusia yaitu kognitif psikomotorik serta afektif. Salah satu cara guna mencapai tujuan tersebut adalah melalui pendidikan karakter. Pendidikan karakter merupakan bagian dari pengajaran norma-norma yang harus diterapkan peserta didik dalam mengaplikasikan ilmu serta keterampilan yang ia miliki dalam kehidupannya sehari-hari. Pembelajaran yang mengacu pada pengembangan diri peserta didik baik secara psikomotorik kognitif maupun afektif tidak akan terlaksana secara maksimal tanpa adanya manajemen yang efektif. Dari segi perencanaan pelaksanaan sampai dengan tahap penilaian pembelajaran harus dikelola seoptimal mungkin sehingga tujuan dari pembelajaran tersebut dapat tercapai secara optimal pula. Selain memiliki peserta didik dari kalangan anak reguler dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Sekolah Dasar (SD) Laboratorium Universitas Negeri Malang juga memiliki peserta didik dengan kemampuan belajar rendah hingga anak dengan kebutuhan belajar jarak jauh atau distance learning yang terbagi menjadi tiga kelas program yaitu program reguler bilingual (program dua bahasa) dan International Class Programme (ICP). Fokus dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) perencanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran (2) pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran (3) penilaian pendidikan karakter dalam pembelajaran (4) faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen pendidikan karakter dalam pembelajaran di International Class Programme SD Laboratorium Universitas Negeri Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran (2) pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran (3) penilaian pendidikan karakter dalam pembelajaran dan (4) faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen pendidikan karakter dalam pembelajaran di International Class Programme SD Laboratorium Universitas Negeri Malang. Penelitian ini dilakukan di International Class Programme SD Laboratorium Universitas Negeri Malang dengan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara (2) observasi dan (3) dokumentasi. Analisis pengumpulan data menggunakan (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik (1) trianggulasi (2) ketekunan pengamatan dan (3) pengecekan anggota. Kesimpulan penelitian menunjukkan (1) kegiatan yang dilakukan guru pada tahap perencanaan diantaranya menyiapkan worksheet setiap mata pelajaran menyiapkan media pembelajaran sesuai dengan modul yang telah dibuat guru ii serta menyiapkan silabi berdasarkan framework yang telah ditetapkan pihak Cambridge (2) kegiatan pembelajaran pendidikan karakter dilakukan guru melalui pembiasaan pola hidup bersih menanamkan sikap disiplin dan taat pada peraturan dalam kehidupan sehari-hari serta senantiasa memberikan motivasi kepada peserta didik untuk meningkatkan kompetensi yang dimilikinya (3) penilaian pendidikan karakter dilakukan guru berdasarkan pada pengamatan sikap peserta didik mulai dari awal sampai akhir kegiatan pembelajaran (4) faktorfaktor yang mempengaruhi manajemen pendidikan karakter dalam pembelajaran (a) penunjang kegiatan implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran antara lain adanya kerja sama antar sesama guru berupa sharring tentang kegiatan belajar-mengajar yang dilakukan sehari-hari pelatihan pelaksanaan pendidikan karakter dari Diknas serta adanya kepedulian orang tua/wali murid terhadap kegiatan pendidikan di International Class Programme SD Laboratorium Universitas Negeri Malang (b) penghambat manajemen pendidikan karakter adalah tidak adanya rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) tidak adanya panduan pembuatan modul serta tidak adanya kriteria khusus didalam menentukan penilaian sikap (c) strategi untuk menanggulangi penghambat adalah sharring dengan rekan guru atau juga langsung mengkonsultasikan permasalahan yang dihadapi kepada kepala sekolah. Berdasarkan hasil penelitian saran-saran yang diajukan peneliti meliputi (1) kepala SD Laboratorium Universitas Negeri Malang diharapkan dapat memberikan bantuan berupa supervisi secara berkala sehingga kegiatan manajemen pendidikan karakter dalam pembelajaran khususnya dapat terus ditingkatkan demi kemajuan SD Laboratorium Universitas Negeri Malang di masa mendatang (2) tenaga pendidik SD Laboratorium Universitas Negeri Malang diharapkan dapat terus meningkatkan kemampuan mengelola pembelajaran serta meningkatkan kualitas pendidikan karakter di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang (3) Jurusan Administrasi Pendidikan agar dapat menambah pengetahuan tentang kegiatan implementasi pendidikan karakter di sekolah (4) peneliti lain agar dapat dijadikan sebagai bahan referensi dan dikembangkan untuk penelitian selanjutnya terkait dengan implementasi pendidikan karakter di sekolah dalam konteks lain misalnya manajemen pendidikan karakter pada sekolah inklusi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3487

Actions (login required)

View Item View Item