Saputra, Mokhamad Dwi Agung (2024) Pengaruh strategi pembelajaran konvensional dan project based learning terhadap hasil belajar keterampilan fotografi bidang studi desain komunikasi visual SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. / Mokhamad Dwi Agung Saputra</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Strategi Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran yang diawali dari rancangan proyek seperti persiapan materi dan berbagai sumber belajar serta kondisi pembelajaran pelaksanaan proyek berupa identifikasi masalah mendesain dan menyusun jadwal. Strategi PBL dalam pembelajaran dasar-dasar fotografi pada jurusan desain komunikasi visual kelas X SMK bisa untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar peserta didik kelas X SMK jurusan desain komunikasi visual dalam pembelajaran mata pelajaran dasar-dasar fotografi yang ditimbulkan dari penggunaan strategi pembelajaran konvensional dan pembelajaran project based learning. Pada metode penelitian ini menggunakan eksperimental yang dibagi menjadi dua kelompok subjek dengan perlakuan yang berbeda. Hasil analisis dari data kelompok eksperimen menunjukkan hasil yang cukup efektif pada kelompok dengan subjek kelas eksperimen yang menggunakan strategi project based learning dan pada kelompok dengan subjek kelas kontrol yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional menunjukkan hasil yang kurang efektif jika dibandingkan dengan srtategi project based learning Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran project based learning pada peserta didik kelas X SMK jurusan desain komunikasi visual dengan mata pelajaran dasar-dasar fotografi berhasil memberikan pembelajaran yang berdampak cukup efektif pada hasil belajar peserta didik dari pada menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Adapun respon dari peserta didik setelah merasakan dampak dari strategi pembelajaran project based learning dapat diterima dengan sangat baik. Pada kesimpulannya penelitian ini memberikan dampak hasil belajar yang cukup efektif dan respon yang positif baik dari guru pengajar mata pelajaran dasar-dasar fotografi maupun dari peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/348489 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |