Pengembangan project based learning beraktivitas gamifikasi pada mata kuliah media grafis dan visual / Putri Fadilla Azzahra Fazarini</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan project based learning beraktivitas gamifikasi pada mata kuliah media grafis dan visual / Putri Fadilla Azzahra Fazarini</p>

Fazarini, Putri Fadilla Azzahra (2024) Pengembangan project based learning beraktivitas gamifikasi pada mata kuliah media grafis dan visual / Putri Fadilla Azzahra Fazarini</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) berfokus pada pengembangan keterampilan memecahkan masalah dalam mengerjakan sebuah proyek. Namun pembelajaran Media Grafis amp Visual berbasis proyek di Departemen Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang mengalami masalah yaitu mahasiswa mengalami kesulitan mengerjakan tugas proyek. Hal ini disebabkan oleh latar belakang pendidikan mahasiswa yang berbeda-beda terutama mahasiswa yang berasal dari sekolah umum yang belum memiliki pengalaman membuat produk 3 dimensi. Gamifikasi dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Gamifikasi adalah penggunaan elemen-elemen game dalam konteks non-game untuk meningkatkan motivasi dan engagement pebelajar. Pembelajaran beraktivitas gamifikasi dapat meningkatkan motivasi dan engagement pebelajar dengan cara membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan model Project Based Learning beraktivitas gamifikasi di mata kuliah Media Grafis amp Visual. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan Angkatan 2022 yang berjumlah 133 orang. Uji coba produk dilakukan pada pertemuan ke-9 sampai ke-15 perkuliahan. Data yang diperoleh terdiri dari dua jenis yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui tanggapan dan saran dari ahli model pembelajaran ahli aktivitas gamifikasi dan mahasiswa melalui tanggapan dan wawancara. Data kuantitatif diperoleh melalui pengisian instrumen validasi ahli model pembelajaran dan ahli aktivitas gamifikasi. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa desain pembelajaran Project Based Learning beraktivitas gamifikasi yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran di mata kuliah Media Grafis dan Visual. Desain pembelajaran ini dapat meningkatkan keterlibatan motivasi dan pencapaian tujuan pembelajaran mahasiswa

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 May 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/348487

Actions (login required)

View Item View Item