Pengembangan bahan ajar dengan menggunakan interactive video berbasis web untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi bangun datar kelas IV Sekolah Dasar / Setyo Ajie Wibowo</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar dengan menggunakan interactive video berbasis web untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi bangun datar kelas IV Sekolah Dasar / Setyo Ajie Wibowo</p>

Wibowo, Setyo Ajie (2024) Pengembangan bahan ajar dengan menggunakan interactive video berbasis web untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi bangun datar kelas IV Sekolah Dasar / Setyo Ajie Wibowo</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan bahan ajar fokus pada pembelajaran matematika pada materi bangun datar kelas IV Sekolah Dasar. Masalah utama dalam pembelajaran matematika yaitu tidak tercapainya capaian pembelajaran dikarenakan berbagai kondisi. Menanggapi masalah tersebut sehingga perlu dikembangkannya bahan ajar dengan menggunakan interaktive video berbasis web. Sesuai dengan taksonomi bloom pada capaian pembelajaran interactive video dipilih sebagai media penyapaian bahan ajar dalam menyampaikan informasi untuk membantu pemahaman peserta didik. Dalam pengembangannya bahan ajar menggunakan interactive video berbasis web terdapat beberapa fitur penting dalam menunjang capaian pembelajaran. Adapun fitur interaktif yang diterapkan dalam bahan ajar meliputi pop-up branching dan kuis. Adapun fitur pop-up untuk memberikan arahan yang jelas dan mempertegas pesan fitur branching untuk memberikan pilihan minat peserta didik dan fitur kuis untuk menampilkan pertanyaan. Fitur-fitur tersebut dimanfaatkan untuk meningkatkan ketahanan dalam penggunaan. Pengembangan ini menggunakan model Lee amp Owens. Model dipilih dalam penelitian karena merupakan model yang sesuai untuk mengembangkan bahan ajar menggunakan interactive video berbasis web. Model Lee amp Owens terdiri dari lima tahapan yaitu tahap analisis/assessment yang terdiri dari dua bagian yaitu analisis kebutuhan (Needs Assessment) dan analisis keseluruhan (Front mdash end analysis). Tahap desain (Design) Tahap pengembangan (Development) Tahap implementasi (Implementation) dan Tahap evaluasi (Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar dengan menggunakan interactive video berbasis web dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi bangun datar. Peserta didik dapat memahami konsep matematika yang terdapat pada pengukuran dan geometri.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 May 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/348486

Actions (login required)

View Item View Item