Pengaruh bahan ajar yang berbeda dalam model flipped classroom terhadap perolehan hasil belajar prosedural / Muhamad Fahmi Yulianto</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh bahan ajar yang berbeda dalam model flipped classroom terhadap perolehan hasil belajar prosedural / Muhamad Fahmi Yulianto</p>

Yulianto, Muhamad Fahmi (2024) Pengaruh bahan ajar yang berbeda dalam model flipped classroom terhadap perolehan hasil belajar prosedural / Muhamad Fahmi Yulianto</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yulianto Muhamad Fahmi. 2024. Pengaruh Bahan Ajar Yang Berbeda Dalam Model Flipped Classroom Terhadap Perolehan Hasil Belajar Prosedural. Tesis Prodi S2- Teknologi Pembelajaran Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman S. Degeng M.Pd (II) Dr. Made Duananda Kartika Degeng M.Pd. Kata Kunci Flipbook Buku Ajar Flipped Classroom Eksperimen Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh strategi penyampaian yang berbeda dalam model flipped classroom dalam meningkatkan hasil pembelajaran prosedural. Fokus penelitian ini adalah pada penggunaan sebagai bahan ajar dalam pendidikan matematika khususnya pada topik pecahan dengan tujuan untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Model flipped classroom akan digunakan untuk memfasilitasi siswa belajar mandiri tentang materi sebelum sesi kelas. Penggunaan diharapkan dapat meningkatkan minat siswa untuk belajar dengan sumber belajar elektronik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan alternatif bahan ajar yang lebih interaktif dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam kaitannya dengan pemahaman materi pecahan dan penggunaan rumus pecahan. Penelitian ini juga bertujuan untuk membandingkan perbedaan hasil belajar prosedural antara siswa yang menggunakan media pembelajaran dengan siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional. Model flipped classroom dengan sebagai bahan ajar digunakan untuk memfasilitasi siswa belajar mandiri di depan kelas sedangkan siswa pada kelompok kontrol menggunakan bahan ajar konvensional seperti buku teks. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengevaluasi perbedaan hasil belajar prosedural antara siswa yang menggunakan media pembelajaran dengan siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional dalam konteks model flipped classroom. Dengan menggunakan pendekatan eksperimen penelitian ini akan mengukur efektivitas penggunaan dalam meningkatkan pemahaman dan penerapan konsep matematika khususnya yang berkaitan dengan pecahan. Setelah melakukan uji homogenitas dilakukan uji Anova satu arah yang menghasilkan nilai F 6 425 dengan nilai signifikansi .015. Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0 05 maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang menggunakan dan kelompok siswa yang menggunakan buku teks. Dengan demikian hasil analisis ini mendukung keefektifan penggunaan dalam meningkatkan pemahaman dan penerapan konsep matematika khususnya pada materi pecahan dalam model flipped classroom.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/348478

Actions (login required)

View Item View Item