Pengembangan video pembelajaran ragam gerak tari beskalan putri malang berbantuan virtual reality / Kevin Herdinata Cahyadi Firdaus</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan video pembelajaran ragam gerak tari beskalan putri malang berbantuan virtual reality / Kevin Herdinata Cahyadi Firdaus</p>

Firdaus, Kevin Herdinata Cahyadi (2024) Pengembangan video pembelajaran ragam gerak tari beskalan putri malang berbantuan virtual reality / Kevin Herdinata Cahyadi Firdaus</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Globalisasi menyebabkan masuknya budaya luar ke Indonesia. Akibatnya banyak orang lebih memilih budaya luar daripada budaya lokal. Salah satu upaya melestarikan budaya lokal adalah dengan mengajarkan tari daerah. Namun minat terhadap pembelajaran tari masih rendah. Faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya minat terhadap pembelajaran tari adalah kurangnya fasilitas dan sarana prasarana penggunaan metode pembelajaran yang konvensional dan kurangnya motivasi siswa. Membuat siswa untuk tertarik terhadap pembelajaran tari perlu dilakukan upaya-upaya yang komprehensif seperti penyediaan fasilitas dan sarana prasarana penggunaan metode pembelajaran yang inovatif dan peningkatan motivasi siswa. Teknologi informasi yang dapat mengatasi masalah tersebut yaitu video pembelajaran berbantuan virtual reality dengan menggunakan metode demonstrasi. Penerapan video pembelajaran berbantuan virtual reality dalam pembelajaran terbukti dapat menarik perhatian siswa. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah mengembangkan video pembelajaran berbantuan virtual reality pada materi ragam gerak tari beskalan putri malang. Model pengembangan yang digunakan yaitu model Lee amp Owen yang memiliki lima tahapan. Subjek penelitiannya siswa Pendidikan dan Pengembangan Seni Tradisi (PPST) kelas di SMP Negeri 4 Malang. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner berupa angket dan observasi. Uji coba video pembelajaran berbantuan virtual reality dilaksanakan kepada para ahli dibidangnya. Setelah melakukan uji coba dapat diperoleh hasil yang layak untuk diuji cobakan kepada siswa untuk mengetahui pendapat minat siswa terhadap video pembelajaran berbantuan virtual reality. Hasil pengembangan berupa video pembelajaran berbantuan virtual reality ragam gerak tari beskalan putri malang telah dinyatakan layak oleh para ahli sehingga layak untuk di gunakan sebagai alat bantu latihan dan belajar tari beskalan putri malang. Dari hasil uji coba kepada siswa dapat dinyatakan praktis dan lebih menarik berdasarkan pendapat siswa. Video pembelajaran berbantuan virtual reality memberikan pengalaman belajar yang lebih nyata sehingga hasil pengembangan telah memenuhi tujuan penelitian yang telah dirancang.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jan 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/348471

Actions (login required)

View Item View Item