Pengembangan panduan bimbingan kelompok teknik sosiodrama bermuatan parebhasan madhura untuk mengelola perilaku bullying pada siswa SMP / Ahmad Ali Sadikin</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan bimbingan kelompok teknik sosiodrama bermuatan parebhasan madhura untuk mengelola perilaku bullying pada siswa SMP / Ahmad Ali Sadikin</p>

Sadikin, Ahmad Ali (2024) Pengembangan panduan bimbingan kelompok teknik sosiodrama bermuatan parebhasan madhura untuk mengelola perilaku bullying pada siswa SMP / Ahmad Ali Sadikin</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bullying adalah perilaku agresif yang terus menerus dilakukan berupa tindakan untuk menyakiti orang lain yang dilakukan secara berulang-ulang yang mengakibatkan korban dipermalukan dan merasa tertekan sehingga dapat menimbulkan rasa tidak percaya diri depresi dan penakut pada korban. Bullying tidak bisa terus menerus dibiarkan yang dapat berpengaruh pada menurunnya prestasi belajar siswa di sekolah sehingga memerlukan penanganan masalah secara khusus yang efektif digunakan dalam lingkup sekolah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa panduan bimbingan kelompok teknik sosiodrama bermuatan parebhasan Madhura untuk mengelola perilaku bullying pada siswa SMP. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan desain model ADDIE (Analysis Design Development Implementation dan Evaluation). Adapun subyek penelitian terdiri dari 2 ahli materi bimbingan dan konseling 2 ahli budaya 2 ahli media 2 calon pengguna atau konselor sekolah dan 16 siswa SMP. Penelitian ini menggunakan penilaian uji ahli dan calon pengguna dengan instrumen keberterimaan produk pada aspek ketepatan kegunaan kemenarikan dan kemudahan. Skala Olweus Bully/Victim Questionnaire-Revised (OBVQ-R) untuk mengukur perilaku bullying. Eksperimen one group pretest-posttest design untuk menguji keefektifan panduan. Data hasil uji ahli dan calon pengguna dianalisis menggunakan inter-rater agreement adapun hasil data uji keefektifan panduan bimbingan kelompok teknik sosiodrama bermuatan parebhasan Madhura untuk mengelola perilaku bullying pada siswa dianalisis menggunakan metode analisa the wilcoxon signed-rank test. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa perilaku bullying pada siswa SMP Negeri 1 Nonggunong 65 4% berada pada kategori sedang sehingga diperlukan upaya pelaksanaan layanan bimbingan supaya perilaku bullying terkelola dan tidak mengalami peningkatan. Data hasil uji validasi dari ahli materi bimbingan dan konseling menunjukkan hasil indeks 1.00 yang berarti berada pada tingkatan sangat tinggi. Adapun hasil validasi dari uji ahli budaya mendapat hasil indeks 1.00 yang memiliki keterangan sangat tinggi. Selanjutnya untuk uji ahli media mendapatkan hasil indeks 1.00 yang memiliki kategori sangat tinggi. Pada uji calon pengguna mendapat hasil validasi pada indeks 1.00 yang mana memiliki kategori sangat tinggi. Hasil validasi dari uji ahli dan calon pengguna rata-rata berada pada kategori sangat tinggi pada aspek ketepatan kegunaan kemenarikan dan kemudahan. Pelaksanaan uji keefektifan panduan menunjukkan hasil 0 001 dapat disimpulkan bahwa penggunaan panduan bimbingan kelompok teknik sosiodrama bermuatan parebhasan Madhura efektif untuk mengelola perilaku bullying pada siswa SMP.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Sep 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/348397

Actions (login required)

View Item View Item