Hartoyo, Saiful (2024) Keefektifan konseling kelompok rasional emotif behavior (REB) berbasis ayat Al-Qur'an untuk meningkatkan kedisiplinan waktu siswa SMA / Saiful Hartoyo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hartoyo Saiful (2024) menulis tesis berjudul Keefektifan Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior (REB) Berbasis Ayat Al-Qur rsquo an untuk Meningkatkan Kedisiplinan Waktu Siswa Kelas XI SMAN 3 Probolinggo . Tesis ini disusun dalam Program Studi S2 Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang di bawah bimbingan Prof. Dr. M. Ramli M.A. sebagai pembimbing pertama dan Dr. Diniy Hidayatur Rahman S.Pd M.Pd. sebagai pembimbing kedua. Kata kunci konseling kelompok Rational Emotive Behavior (REB) Ayat Al Qur rsquo an dan kedisiplinan waktu. Pembentukan karakter siswa untuk memiliki disiplin waktu berdampak besar pada proses belajarnya di sekolah. Di Jepang penguatan karakter siswa untuk memiliki disiplin waktu diperkenalkan sejak usia dini. Salah satu cara untuk mengatasi ketidakdisiplinan waktu siswa di sekolah adalah melalui pemberian layanan konseling kelompok rational emotive behavior (REB) yang berbasis pada ayat-ayat Al-Qur rsquo an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas konseling kelompok rational emotive behavior (REB) berbasis ayat Al-Qur rsquo an dalam meningkatkan kedisiplinan waktu siswa kelas XI di SMAN 3 Probolinggo. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen quasi yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.disusun oleh peneliti mengacu pada teori kedisiplinan siswa oleh Covey (2013 25) yang terkenal dalam bukunya yang berjudul ldquo The 7 Habits of Highly Effective People rdquo yang dikembangkan oleh peneliti sesuai dengan konteks kedisiplinan waktu siswa perspektif Rasional Emotive Behavior (REB) berbasis Ayat Al-Qur rsquo an.Subyek penelitian dilaksanakan di SMAN 3 Probolinggo dengan melibatkan kelas XI (delapan kelas paralel). Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala kedisiplinan waktu Data dikumpulkan melalui kesediaan mengisi angket dari lima puluh orang yang telah bersedia menggunakan formulir Google. Dari lima puluh responden dipilih lima siswa untuk kelompok eksperimen dan lima siswa untuk kelompok kontrol yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data dan Analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik non-parametrik seperti Uji Wilcoxon dan Uji Mann Whitney. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0 041 sementara uji Mann-Whitney menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0 001. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa konseling kelompok rasional Emotive Behavior (REB) berbasis Ayat Al-Qur rsquo an dengan teknik Dispute Irrational Beliefs (DIBS) dengan tema layanan responsive (self-discipline self-control self-accountability dan self-acceptance. corec misperception habit forming) efektif dalam meningkatkan kedisiplinan waktu siswa kelas XI di SMAN 3 Probolinggo. Oleh karena itu disarankan agar peneliti berikutnya memperluas penelitian ini dengan menggunakan desain eksperimen murni dan subjek populasi yang lebih luas. Selain itu konselor di sekolah diharapkan dapat menggeneralisasi konsep konsep spesifik mengenai kedisiplinan waktu siswa dalam dimensi eksperimen murni yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 04:29 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 04:29 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/348396 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |