Pengaruh efikasi diri, harga diri ,dukungan sosial dan konsep diri terhadap kecemasan sosial siswa sekolah menengah atas di Kota Malang / Muhammad Ali Najich</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh efikasi diri, harga diri ,dukungan sosial dan konsep diri terhadap kecemasan sosial siswa sekolah menengah atas di Kota Malang / Muhammad Ali Najich</p>

Najich, Muhammad Ali (2024) Pengaruh efikasi diri, harga diri ,dukungan sosial dan konsep diri terhadap kecemasan sosial siswa sekolah menengah atas di Kota Malang / Muhammad Ali Najich</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Remaja tidak dapat menghindari suatu permasalahan yang muncul dalam hidup termasuk yang mempengaruhi kesehatan mental. Respons remaja terhadap masalah yang tidak menyenangkan sangat bervariasi stres dan kecemasan sering mengganggu kehidupan sehari-hari. Kecemasan sosial adalah ketakutan berlebihan terhadap penilaian negatif dalam situasi sosial yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antar variabel (1) dari efikasi diri terhadap kecemasan sosial (2) dari harga diri terhadap kecemasan sosial (3) dukungan sosial terhadap kecemasan sosial (4) konsep diri terhadap kecemasan sosial (5) dari efikasi diri terhadap kecemasan sosial melalui konsep diri (6) dari harga diri terhadap kecemasan sosial melalaui konsep diri dan (7) dari dukungan sosial terhadap kecemasan sosial melalui konsep diri. Penelitian ini menggunakan desain korelasional non-eksperimental. Dalam penelitian ini variabel independen efikasi diri (X1) harga diri (X2) dan dukungan sosial (X3) di samping variabel mediator konsep diri (Y1) dan kecemasan sosial variabel dependen atau endogen (Y2). Sampel pada penelitian ini berjumlah 346 siswa SMA di Kota Malang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Lima instrumen digunakan untuk mengumpulkan data skala kecemasan sosial general self efficacy scale (GSES) Rosenberg self esteem scale (RSES) Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) dan Personal self concept (PSC). Penelitian ini dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua jalur memiliki nilai signifikansi di bawah 0 05 yang menunjukkan bahwa semua jalur yang diusulkan dapat diterima. Analisis juga menunjukkan bahwa efikasi diri berpengaruh langsung terhadap konsep diri dengan nilai koefisien sebesar 0 154. Sedangkan harga diri berpengaruh secara langsung sebesar 0 523 sedangkan dukungan sosial berpengaruh secara langsung terhadap kecemasan sosial dengan nilai koefisien sebesar -0 234. Konsep diri berpengaruh secara langsung terhadap kecemasan sosial dengan koefisien sebesar 0 234. Secara tidak langsung Efikasi diri terhadap kecemasan sosial melalui konsep diri dengan nilai koefisien 0 202. Secara tidak langsung Harga diri berpengaruh terhadap kecemasan sosial melalui konsep diri dengan nilai koefisien -0 110. Secara tidak langsung dukungan sosial berpengaruh terhadap kecemasan sosial melalui konsep diri dengan nilai koefisien -0 315. Hasil ini menunjukkan bahwa harga diri mempunyai pengaruh total yang lebih nyata terhadap kecemasan sosial dibandingkan dengan efikasi diri dukungan sosial terutama karena pengaruh langsung yang lebih kuat terhadap konsep diri. Studi ini menggaris bawahi peran penting konsep diri sebagai variabel mediator dalam menurunkan kecemasan sosial melalui efikasi diri harga diri dan dukungan sosial. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis merekomendasikan untuk sejumlah pihak pada penelitian berikutnya. Bagi guru bimbingan dan konseling dapat merancang layanan dan intervensi yang sesuai dengan kebutuhan siswa terkait kecemasan sosial. Bagi peneliti selanjutnya disarankan melakukan penelitian lanjutan mengenai variabel-variabel lain yang berpengaruh terhadap kecemasan sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Aug 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/348395

Actions (login required)

View Item View Item