Kristiyorini, Yuana (2024) Pengembangan panduan bimbingan kelompok model experiential learning untuk membangun adaptabilitas karier siswa smk / Yuana Kristiyorini</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Adaptabilitas karier merupakan kemampuan beradaptasi dalam karier mengacu pada kapasitas untuk membekali diri sendiri dalam menghadapi berbagai tugas yang diharapkan dan tidak terduga sekaligus mampu menavigasi peran di tempat kerja dan berhasil mengelola perubahan yang muncul di dunia kerja yang terus berkembang. Layanan bimbingan konseling memainkan peran penting dalam memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kemampuan ini serta mencapai tujuan perkembangan mereka khususnya dalam bidang adaptabilitas karier. Penelitian bertujuan menciptakan buku panduan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok menggunakan model experiential learning dalam rangka membangun kemampuan adaptabilitas karier siswa SMK. Penerapan model pembelajaran experiential learning menjadi inovasi utama dalam penelitian ini di mana siswa akan terlibat langsung dalam pengalaman belajar yang mendalam dan relevan dengan konteks dunia kerja. Pendekatan penelitian dan pengembangan yang digunakan model ADDIE yang terdiri dari lima langkah utama analysis design development implementation dan evaluation. Tahapan pada model ADDIE melalui proses rancangan pengembangan produk secara komprehensif. Kelayakan produk ditentukan kriteria keberterimaan yang meliputi ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan. Validasi produk dilakukan oleh uji ahli materi bimbingan dan konseling uji ahli media pembelajaran dan uji calon pengguna yaitu guru Bimbingan dan Konseling. Uji efektifitas panduan dilakukan pada peserta didik kelas XI SMKN 2 Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Data yang dikumpulkan terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif. Data numerik dianalisis dengan mempertimbangkan hasil uji ahli serta uji Wilcoxon signed-rank untuk menilai signifikansi perubahan sebelum dan sesudah intervensi pada subyek penelitian. Pendekatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa panduan yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan kemampuan adaptabilitas karier siswa SMK sesuai dengan tujuan penelitian.Top of Form Bottom of Form Hasil penelitian menghasilkan keberterimaan produk secara tepat mudah menarik dan tentunya berguna untuk diimplementasikan oleh guru Bimbingan dan Konseling di sekolah. Hasil penilaian dari 2 ahli materi bimbingan dan konseling menunjukkan angka 1.00 yang memiliki kualifikasi sangat baik 2 ahli media pembelajaran yang didapatkan hasil sebesar 1.00 dan uji untuk calon pengguna produk dengan hasil 1.00 yang juga menunjukkan kualifikasi sangat baik. Seluruh persentase uji ahli bahwa produk memiliki kualifikasi sangat baik berketerangan layak dan dapat diimplementasikan. Hasil uji keefektifan juga menunjukkan adanya perubahan skor kemampuan adaptabilitas karier siswa yang didasarkan pada hasil nilai pretest dan posttest. Saran yang dapat menjadi pertimbangan peneliti selanjutnya mencakup (1) Guru Bimbingan dan Konseling (BK) dapat memahami buku panduan secara komprehensif dan menggunakannya secara tepat (2) peneliti selanjutnya dapat menguji keefektifan panduan dengan sasaran peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang lebih banyak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/348394 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |