Pola hubungan interpersonal guru bimbingan dan konseling dengan siswa SMA: studi kasus di SMA / Lia Satriani Ramdhan Farsiah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pola hubungan interpersonal guru bimbingan dan konseling dengan siswa SMA: studi kasus di SMA / Lia Satriani Ramdhan Farsiah</p>

Farsiah, Lia Satriani Ramdhan (2024) Pola hubungan interpersonal guru bimbingan dan konseling dengan siswa SMA: studi kasus di SMA / Lia Satriani Ramdhan Farsiah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelayanan bimbingan konseling di sekolah perlu ditingkatkan salah satunya melalui hubungan interpersonal yang baik antara Guru BK dengan siswa. Banyak hasil studi menunjukkan bahwa kurangnya minat siswa dalam konseling disebabkan karena adanya julukan negatif dan ketidaktahuan siswa akan tugas dan fungsi Bimbingan dan Konseling di sekolah. Untuk itu penting bagi Guru BK untuk mengetahui cara yang tepat untuk mendekatkan diri dengan siswa agar mereka secara sukarela mau untuk datang melakukan konseling dan merasa nyaman ketika berada di dekat konselor sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola hubungan interpersonal antara Guru BK dengan siswa dan memahami strategi apa saja yang digunakan dalam membangun hubungan interpersonal dengan siswanya di SMA Swasta Budi Agung Medan. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dirancang sebagai studi kasus. Data primer dan sekunder adalah sumber data yang digunakan dalam penelitian ini. Siswa guru mata pelajaran teman sekelas kepala sekolah dan orang tua siswa akan berfungsi sebagai informan dukungan untuk penelitian ini. Untuk melengkapi data dari informant kunci teknik purposive sampling digunakan untuk mengidentifikasi informan. Peneliti itu sendiri adalah alat penelitian. Pengamatan wawancara mendalam dan studi dokumentasi adalah metode pengumpulan data. Para peneliti menggunakan metode analisis Miles dan Huberman untuk tahap analisis data. Pada tahap akhir para peneliti membuat keputusan untuk menggunakan metode triangulasi untuk memeriksa validitas data penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua pola hubungan yang digunakan oleh Guru BK SMA Swasta Budi Agung kepada siswanya yakni pola Orang Tua-Anak (Atas-Bawah) dan hubungan Dewasa-Dewasa (Sejajar). Pola Orang Tua-Anak yang diterapkan oleh 2 Guru BK pertama yakni Bu MS dan Bu WA menciptakan hubungan yang mengayomi dan mendukung dimana guru BK berperan sebagai figur orang tua yang membimbing siswa untuk mencapai kemandirian. Pola ini membangun rasa aman dan kepercayaan siswa sehingga mereka lebih termotivasi untuk mengikuti layanan konseling. Sebaliknya hubungan Dewasa-Dewasa seperti yang diterapkan oleh Pak FA dan Bu AL berfokus pada kesetaraan dan penghargaan timbal balik dengan guru BK berinteraksi dengan siswa sebagai rekan atau sahabat. Pola ini relevan dengan karakteristik siswa zaman sekarang yang menghargai otentisitas keterhubungan dan pendekatan kolaboratif. Kedua pola ini menunjukkan pentingnya adaptasi dan inklusivitas dalam pendekatan konseling untuk mendukung perkembangan akademik emosional dan sosial siswa secara holistik dalam lingkungan pendidikan yang dinamis. Untuk bisa mewujudkan relasi yang baik dengan siswa terdapat beberapa strategi yang digunakan oleh Guru BK di SMA Swasta BA antara lain dengan melakukan need assessment berkolaborasi dengan wali kelas dan guru bidang studi memberikan deposit poin serta menghilangkan hukuman untuk siswa dan menyesuaikan gaya hidup dengan siswa saat berinteraksi. Kesemuanya ini dilakukan dengan tujuan untuk menghilangkan persepsi negatif siswa kepada Guru BK dan mengajak siswa untuk mau memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/348393

Actions (login required)

View Item View Item