Roziqi, Masbahur (2024) Pengembangan panduan psikodrama pesan Islami untuk mengendalikan faktor risiko ide bunuh diri siswa SMA / Masbahur Roziqi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi adanya risiko ide bunuh diri pada siswa SMA terutama pada aspek burdensomeness (perasaan menjadi beban orang lain). Intervensi layanan guru BK selama ini masih menggunakan teknik ceramah dan konsultasi. Belum ada alternatif media layanan dasar yang dapat digunakan guru BK untuk membantu siswa mengendalikan faktor risiko ide bunuh diri . Psikodrama bermuatan pesan Islami dapat diintegrasikan pada strategi bimbingan kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yaitu analyze design development implementation and evaluation. Instrumen pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah skala faktor risiko ide bunuh diri remaja instrumen penilaian ahli materi Bimbingan dan Konseling instrumen penilaian ahli materi agama Islam instrumen penilaian ahli media pembelajaran dan instrumen penilaian calon pengguna produk. Analisis data menggunakan inter rater agreement untuk data numerik penilaian ahli dan calon pengguna dan analisis deskriptif untuk data verbal penilaian ahli dan calon pengguna. Uji efektivitas produk menggunakan analisis Wilcoxon signed rank test untuk mengetahui perbedaan skor pretest dan posttest siswa kelompok uji dengan desain pre experimental one group pretest posttest group design. Hasil penilaian ahli media ahli materi dan calon pengguna produk menunjukkan indeks keberterimaan pada angka 1.00 yang berarti produk sangat berterima dan layak untuk dapat digunakan. Hasil uji efektivitas produk panduan menunjukkan terdapat perbedaan signifikan skor pretest dan posttest dengan nilai signifikansi 0 016 lt 0 050. Saran bagi penelitian selanjutnya untuk menggunakan panduan ini dalam bentuk riset eksperimen jenis semu (quasi experiment) atau true experiment dengan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Saran bagi sekolah dan cabang dinas Pendidikan untuk memfasilitasi guru BK menerapkan panduan ini di SMA lainnya dengan penyesuaian asesmen kebutuhan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/348392 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |