Widiasari, Santi (2024) Pengembangan panduan bimbingan klasikal model project based learning untuk mengembangkan perencanaan karier siswa sekolah menengah atas / Santi Widiasari</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu tugas perkembangan siswa SMA yaitu kesiapan untuk menata masa depannya khususnya dalam menentukan studi lanjutan ke jenjang perguruan tinggi. Dalam prosesnya siswa membutuhkan bimbingan karena kurangnya pemahaman tentang diri dan lingkungan pengetahuan informasi karier serta pengalaman berpikir rasional dalam menentukan alternatif pilihan kariernya. Layanan bimbingan konseling memfasilitasi dan membantu siswa dalam mengembangkan keahlian dirinya dan mencapai tugas perkembangannya. Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah produk berupa buku panduan bimbingan klasikal model project based learning untuk mengembangkan kemampuan perencanaan karier siswa SMA. Pengintegrasian model project based learning berupa proposal impian menjadi salah satu keterbaharuan dalam penelitian ini untuk guru Bimbingan dan Konseling dalam melaksanakan kegiatan layanan bimbingan klasikal. Penelitian menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan model ADDIE dengan langkah-langkah analysis design development implementation dan evaluation. Rancangan dalam penelitian ini diawali dengan mengembangkan sebuah produk secara utuh sesuai langkah model ADDIE. Produk dinyatakan layak apabila memenuhi keberterimaan produk sesuai dengan aspek adapun aspek-aspek tersebut antara lain aspek ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan. Uji ahli antara lain uji ahli materi bimbingan dan konseling uji ahli media pembelajaran dan uji calon pengguna produk yaitu guru Bimbingan dan Konseling. Uji coba keefektifan panduan dilakukan kepada peserta didik di salah satu kelas X SMAN 1 Dukun Gresik. Data hasil pengembangan adalah data kuantitatif dan kualitatif data numerik dianalisis dari pertimbangan uji ahli serta uji dengan the paired sample t-test guna mengetahui adanya signifikansi perubahan antara sebelum dan sesudah pemberian intervensi pada subjek penelitian. Hasil penelitian menghasilkan buku panduan bimbingan klasikal model project based learning untuk mengembangkan kemampuan perencanaan karier siswa SMA yang memiliki keberterimaan produk secara tepat mudah menarik dan tentunya berguna untuk diimplementasikan oleh guru Bimbingan dan Konseling di sekolah. Hasil penilaian dari 2 ahli materi bimbingan dan konseling menunjukkan angka 1.00 yang memiliki kualifikasi sangat baik 2 ahli media pembelajaran yang didapatkan hasil sebesar 1.00 dan uji untuk calon pengguna produk dengan hasil 1.00 yang juga menunjukkan kualifikasi sangat baik. Seluruh presentase dari uji ahli bahwa produk memiliki kualifikasi sangat baik dan berketerangan sangat layak dan dapat diimplementasikan. Hasil uji keefektifan juga menunjukkan adanya perubahan skor kemampuan perencanaan karier siswa yang didasarkan pada hasil nilai pretest dan posttest. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa panduan bimbingan klasikal model project based learning memiliki pengaruh yang signifikan untuk mengembangkan kemampuan perencanaan karier siswa sekolah menengah atas. Selanjutnya saran yang dapat menjadi pertimbangan bagi konselor sekolah dan peneliti selanjutnya mencakup (1) Guru Bimbingan dan Konseling di sekolah agar dapat secara berkelanjutan memperbaharui wawasan terkait berbagai jenis pekerjaan baik sektor formal maupun non formal dalam era disrupsi digital untuk dapat memfasilitasi kemampuan perencanaan karier siswa secara optimal (2) bagi peneliti selanjutnya (a) desain uji keefektifan dari produk yang dikembangkan menggunakan one group pretest posstest design sehingga memberikan peluang untuk dilakukan penelitian lanjutan yang melibatkan kelompok kontrol dalam menguji keefektifan panduan (b) hasil uji keefektifan produk terdapat dua siswa yang memiliki nilai yang sama antara pretest dan posttest sehingga peneliti selanjutnya dapat melakukan pengembangan model project based learning berdiferensiasi yang dapat mengakomodasi berbagai karakterisik siswa secara menyeluruh khususnya dalam mengembangkan kemampuan perencanaan karier.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/348390 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |