Hamibawani, Sausanuz Zakiyyah (2024) Keefektifan motivational interviewing untuk meningkatkan psychological well-being siswa SMP dari keluarga broken home. / Sausanuz Zakiyyah Hamibawani</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Siswa SMP yang rata-rata telah memasuki usia remaja merupakan periode perkembangan yang membutuhkan dukungan dan pendidikan dari keluarga. Remaja yang berada pada kondisi keluarga broken home baik disebabkan oleh perceraian separation atau kematian orang tua cenderung menunjukkan kondisi kesejahteraan psikologis yang tidak baik. Secara lebih spesifik beberapa dari remaja ini mengalami penerimaan diri yang rendah relasi dengan orang lain yang kurang baik tidak memiliki tujuan hidup tidak memiliki motivasi untuk mengembangkan diri bahkan tidak jarang yang akhirnya terjerumus pada kenakalan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari konseling individual motivational interviewing dalam meningkatkan psychological well-being siswa smp dari keluarga broken home.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain single subject research model A-B-A. A1 (baseline) merupakan fase pengukuran sebelum intervensi dilakukan selanjutnya B (intervensi) adalah pengukuran selama intervensi dilakukan dan A2 (maintenance) merupakan pengukuran setelah intervensi dihentikan. Adapun analisis data dilakukan dengan secara visual yakni melihat perkembangan frekuensi dan trend perilaku selama fase A-B-A dan analisis statistik deskriptif untuk melihat perbandingan data pretest dan postest. Mendukung pelaksanaan intervensi panduan konseling motivational interviewing untuk meningkatkan psychological well-being siswa SMP dari keluarga broken home dikembangkan dan dilakukan uji ahli materi bimbingan dan konseling serta uji ahli media pembelajaran dan dianalisis menggunakan model inter-rater-agreement. Adapun subjek penelitian berjumlah empat orang konseli dengan inisial MA IQ AR dan FHA.Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa konseling motivational interviewing efektif dalam meningkatkan psychological well-being subjek MA IQ dan FHA. Hasil tersebut dibuktikan melalui data pretest dan postest serta adanya peningkatan frekuepretestnsi perilaku positif dan penurunan perilaku negatif pada ketiga subjek. Namun konseling motivational interviewing tidak terbukti efektif pada subjek AR yang mana hasil pretest dan posttest tetap menunjukkan kategori rendah serta adanya perilaku negatif yang meningkat yaitu membolos dan menyakiti orang lain.Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi alternatif pemberian layanan konseling individual oleh Guru BK dengan memanfaatkan strategi konseling motivational interviewing sebagai salah satu bentuk layanan dalam meningkatkan psychological well-being siswa SMP dari keluarga broken home. Namun kendati menunjukkan hasil yang efektif pada tiga subjek penelitian ini masih membutuhkan uji eskperimen pada subjek yang lebih luas dan mencoba untuk menerapkan konseling motivational interviewing ini dalam konseling kelompok.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/348387 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |