Pengembangan panduan bimbingan kelompok teknik sosiodrama bernilai grapyak semanak untuk mengembangkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa Madrasah Aliyah (MA) / Ilma Ainu Sofa</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan bimbingan kelompok teknik sosiodrama bernilai grapyak semanak untuk mengembangkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa Madrasah Aliyah (MA) / Ilma Ainu Sofa</p>

Sofa, Ilma Ainu (2024) Pengembangan panduan bimbingan kelompok teknik sosiodrama bernilai grapyak semanak untuk mengembangkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa Madrasah Aliyah (MA) / Ilma Ainu Sofa</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan komunikasi interpersonal yang baik sangat penting di lingkungan sekolah karena membantu siswa dalam berinteraksi dengan pendidik teman dan warga sekolah lainnya. Oleh sebab itu sebagai konselor dapat memebrikan layanan sebagai upaya dalam mengembangkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa. Bimbingan kelompok memiliki beberapa teknik yang dapat diterapkan dengan kebutuhan pelaksanaan salah satu teknik dalam bimbingan kelompok yaitu teknik sosiodrama. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan sebuah produk buku panduan bimbingan kelompok teknik sosiodrama bernilai grapyak semanak untuk mengembangkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa. Pengintegrasian grapyak semanak ini merupakan keterbaharuan dalam penelitian ini untuk Bimbingan dan Konseling dalam melaksanakan kegiatan layanan bimbingan kelompok. Dalam penelitian ini dilakukan pengembangan produk menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan model ADDIE yang mencakup langkah-langkah analysis design development implementasi dan evaluation. Rancangan dalam penelitian ini diawali dengan mengembangkan sebuah produk secara utuh sesuai dengan langkah-langkah model ADIIE. Produk dinyatakan layak apabila memenuhi keberterimaan produk sesuai dengan aspek. Adapun aspek-aspek tersebut adalah aspek ketepatan aspek kegunaan aspek kemudahan dan aspek kemenarikan. Uji ahli antara lain uji ahli materi bimbingan dan konseling uji ahli materi budaya uji ahli media pembelajaran dan uji calon pengguna produk yaitu konselor sekolah. Uji coba keefektifan panduan dilakukan kepada peserta didik di salah satu Madrasah Aliyah di Kabupaten Jember dengan subjek siswa kelas X. Data hasil pengembangan adalah data kuantitatif dan kualitatif data numerik dianalisis dari pertimbangan uji ahli serta uji dengan the wilcoxon signed rank test guna mengetahui adanya signifikansi perubahan antara sebelum dan sesudah pemberian intervensi pada subjek penelitian. Hasil penelitian menghasilkan keberterimaan produk secara tepat mudah menarik dan berguna untuk digunakan oleh konselor. Analisis data diperoleh dari 2 ahli materi bimbingan dan konseling sebesar 1.00 yang menunjukkan kualifikasi sangat baik hasil dari uji 2 ahli media pembelajaran menunjukkan hasil sebesar 1.00 yang memiliki kualifikasi sangat baik sedangkan untuk ahli materi budaya hanya menggunakan 1 ahli dan menunjukkan nilai rata-rata sebesar 3 6 dengan kualifikasi sangat baik. Seluruh hasil analisis data dari uji ahli bahwa produk memiliki kualifikasi sangat baik dan sangat layak tidak perlu direvisi. Hasil keefektifan juga menunjukkan adanya perubahan skor perkembangan keterampilan komunikasi interpersonal. Kemudian saran untuk pertimbangan bagi peneliti selanjutnya mencakup (1) Guru Bimbingan dan Konseling dapat menggunakan panduan ini secara temat sebagai upaya untuk mengembangkan keterampilan komunikasi siswa (2) peneliti selanjutnya dapat menguji keefektifan panduan dengan sasaran peserta didik Sekolah Menengah Atas sederajat yang lebih banyak.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jan 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/348385

Actions (login required)

View Item View Item