Munir, Ah. Fahri (2024) Pengembangan panduan bimbingan kelompok dengan teknik sinemaedukasi berbentuk e-book untuk mencegah prokrastinasi akademik siswa Sekolah Menengah Atas / Ah. Fahri Munir</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pada praktik pendidikan saat ini banyak ditemukan pemikiran-pemikiran mengenai dirinya yang tidak mampu dalam menyelesaikan tugas. Sering dijumpai fenomena siswa yang menunda-nunda pekerjaan dalam penyelasaian tugas yang diberikan oleh guru. Hal tersebut menyebabkan banyak tugas mereka menumpuk dan terbengkalai. Pada umumnya kegiatan menunda-nunda pekerjaan dalam penyelesaian tugas sekolah disebut dengan prokrastinasi akademik. Prokrastinasi akademik merupakan suatu perilaku menunda-nunda tugas baik untuk memulai ataupun menyelesaikan suatu tugas akademik sehingga hal tersebut memiliki akibat-akibat lain yang lebih jauh. Hal itu dikarenakan motivasi pengaturan diri kemampuan untuk melaksanakan tugas dan perasaan cemas akan suatu kegagalan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa produk panduan bimbingan kelompok teknik sinemaedukasi berbentuk e-book untuk mencegah prokrastinasi akademik siswa Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan Research amp Development (R amp D) yang menggunakan rancangan model ADDIE yang mencakup langkah-langkah analysis design development implementation dan evaluation. Rancangan dalam penelitian ini diawali dengan mengembangkan sebuah produk sesuai langkah-langkah model ADDIE. Produk dikatakan layak jikalau memenuhi aspek keberterimaan produk yang mencakup aspek ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan. Uji ahli melibatkan uji ahli materi Bimbingan dan Konseling uji ahli media dan uji calon pengguna yaitu konselor sekolah. Uji keefektifan produk dilakukan pada siswa kelas XI di salah satu Sekolah Menengah Atas di Kota Malang. Data hasil pengembangan yaitu data kuantitatif dan kualitatif data numerik dari uji ahli dianalisis menggunakan inter-rater-aggrement selanjutnya guna mengetahui adanya signifikasi perubahan antara sebelum dan sesudah pemberian intervensi pada subjek penelitian menggunakan the wilcoxon signed rank test. Hasil penelitian menghasilkan keberterimaan produk secara tepat mudah menarik dan berguna bagi konselor di Sekolah. Validasi dilakukan 2 ahli materi Bimbingan dan Konseling menunjukkan skor 1 00 dengan validitas sangat tinggi 2 ahli media menunjukkan skor 1 00 dengan validitas sangat tinggi dan 2 calon pengguna yang menunjukkan skor 1 00 dengan validitas sangat tinggi. Seluruh validasi yang dilakukan memiliki validitas sangat tinggi dan sangat layak digunakan oleh konselor. Hasil uji keefektifan juga menunjukkan adanya perubahan skor kecenderungan siswa melakukan prokrastinasi akademik. Selanjutnya saran yang dapat dijadikan pertimbangan penelitian selanjutnya yaitu (1) Konselor dapat memahami seluruh isi dalam panduan secara menyeluruh dan menggunakannya secara tepat (2) peneliti selanjutnya dapat menguji keefektifan panduan dengan sasaran siswa dalam skala yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/348384 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |