Khairunnisa, Inni (2024) Efektivitas konseling kelompok gestalt dengan tehnik bermain peran untuk mengurangi bullying verbal / Inni Khairunnisa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini dibuat adalah agar anak-anak yang memasuki masa remaja dapat menerima memahami dan memberikan pengaruh positif kepada sesama remaja baik secara verbal dan tingkah laku yang baik terutama di bidang akademik juga di lingkungan sosial karena dua bidang tersebut sangat penting bagi remaja. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Jumlah siswa yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 orang dengan menggunakan pre test dan post test dengan pembagian kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sehingga sampel yang di dapat untuk kedua kelompok berjumlah 16 orang dengan satu kelompok beranggotakan 8 orang. Untuk topik bullying verbal peneliti melakukan penelitian di SMAN 1 Kediri dan tindakan untuk menguranginya menggunakan metode konseling kelompok dengan teori konseling dari Gestalt dan untuk metode tambahannya akan dilakukan tehnik bermain peran atau Role Play supaya seimbang dari teori dan juga praktiknya karena bullying termasuk dalam masalah di bidang sosial. Hasil sebelum melakukan tindakan atau saat observasi siswa-siswa di sekolah bisa di simpulkan bahwa beberapa siswa sangat aktif dalam kegiatan sosial seperti berinteraksi dengan teman guru ada yang mendengar dan menghormati antar sesama tetapi ada juga siswa yang interaksinya kurang baik seperti selalu membalas perkataan guru selalu menolak mengikuti peraturan sehingga sering menunda waktu. Berdasarkan uji Wilcoxon diatas diketahui nilai kelompok eksperimen memiliki nilai sig. 0 012 lt 0 05 maka dapat dikatakan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan antara hasil kelompok eksperimen. Berdasarkan uji Mann Whitney diatas diketahui bahwa nilai sig. 0 040 lt 0 05 maka dapat dikatakan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan antara hasil kelompok eksperimen dan kelompok control. Di simpulkan bahwa ada perubahan sebelum dan sesudah melakukan treatment konseling kelompok dan juga role play
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 04:29 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 07:31 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/348383 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |