Prasetyani, Yohana (2023) Keefektifan biblioedukasi bermuatan nilai pitutur luhur Jawa “rumangsa handarbeni” untuk mengembangkan empati mahasiswa / Yohana Prasetyani</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Mahasiswa jurusan kependidikan dituntut untuk menjadi pendidik atau guru yang profesional dan menjadi role model bagi para peserta didik di sekolah. Empati merupakan landasan penting bagi seorang calon pendidik mereka merancang hidupnya untuk mengabdi dalam hal pendidikan. Seiring dengan banyaknya kasus kekerasan pada mahasiswa dapat diartikan bahwa mahasiswa sedang mengalami krisis empati. Maka dari itu perlu dilakukan intervensi berupa bimbingan kelompok teknik biblioedukasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan biblioedukasi bermuatan nilai pitutur luhur Jawa Rumangsa Handarbeni untuk mengembangkan empati mahasiswa. Biblioedukasi diintegrasikan dengan nilai pitutur luhur Jawa Rumangsa Handarbeni yang mengarah pada nilai-nilai sosial yang bersifat kolektif untuk kepentingan bersama seperti tolong-menolong menghormati dan menghargai sesama serta toleransi. Ini adalah indikator dari empati yang timbul dari interpretasi Rumangsa Handarbeni yang mengandung makna merasa turut memiliki. Nilai Rumangsa Handarbeni yang diambil disesuaikan dengan 4 dimensi empati yaitu ngudarasa (fantasy) amongrasa (perspective taking) welas (emphatic concern) dan rasa pakewuh (personal distress). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah mahasiswa kependidikan Universitas Negeri Malang sebanyak 14 orang yang dibagi dalam dua kelompok (eksperimen dan kontrol) secara merata. Pada kelompok eksperimen intervensi yang dilakukan yaitu bimbingan kelompok teknik biblioedukasi bermuatan nilai pitutur luhur Jawa Rumangsa Handarbeni sedangkan pada kelompok kontrol intervensi yang dilakukan berupa bimbingan kelompok teknik biblioedukasi tanpa bermuatan nilai. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon diketahui nilai beda (Z) -2 375 pada derajat signifikan 0 018. Dasar pengambilan keputusan adalah jika probabilitas dibawah 0 05 maka H0 ditolak. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai derajat signifikan 0 018 dan lebih kecil dari 0 05 maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa biblioedukasi bermuatan nilai pitutur luhur Jawa Rumangsa Handarbeni efektif untuk mengembangkan empati mahasiswa. Sedangkan pada uji Mann Whitney nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0 03. Nilai Asymp. Sig. (2-tailed) tersebut lebih kecil daripada tingkat signifikansi alpha 0 05 (0 03 lt alpha 0 05). Keadaan ini mengindikasikan penolakan H0 dan penerimaan H1 mengimplikasikan bahwa secara inferensial berdasarkan uji Mann-Whitney dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil penelitian pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. x Berdasarkan hasil intervensi dapat disimpulkan bahwa teknik biblioedukasi bermuatan pitutur luhur Jawa Rumangsa Handarbeni efektif untuk mengembangkan empati mahasiswa. Hal ini diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu referensi bagi konselor perguruan tinggi untuk menerapkan teknik biblioedukasi dengan kearifan lokal Jawa selain itu dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk peneliti selanjutnya dalam mengembangkan empati individu
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/348381 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |