Pengaruh konseling kelompok modification mindful self compassion (MMSC) terhadap self compassion peserta didik / Ninik Haryani</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh konseling kelompok modification mindful self compassion (MMSC) terhadap self compassion peserta didik / Ninik Haryani</p>

Haryani, Ninik (2024) Pengaruh konseling kelompok modification mindful self compassion (MMSC) terhadap self compassion peserta didik / Ninik Haryani</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peserta didik memiliki kekhawatiran dan kecemasan terhadap kemampuan dirinya sehingga menjadi sering melamun selalu mengkritik diri terjebak pada pikiran dan emosi negatif. Problematika tersebut dapat menghambat perkembangan peserta didik khususnya pada aspek pengembangan pribadi. Hal tersebut juga menunjukkan rendahnya self compassion yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok Modification Mindful Self Compassion (MMSC) terhadap self compassion peserta didik. Rancangan Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif melalui metode penelitian eksperimen yaitu eksperimen kuasi dengan nonequivalent control group design yang memiliki kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian ditentukan melalui teknik non probability sampling yaitu purposive sampling dengan kriteria peserta didik merupakan kelas X di MAN 4 Kampar dan memiliki hasil skala self compassion berkategori rendah berjumlah 10 peserta didik yaitu 5 peserta didik untuk kelompok eksperimen dan 5 peserta didik untuk kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan secara pretest dan posttest kemudian diolah menggunakan teknik analisis data yaitu analisis data deskriptif dan analisis data inferensial (uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Konseling Kelompok Modification Mindful Self Compassion (MMSC) memiliki pengaruh untuk meningkatkan self compassion peserta didik. Peningkatan ini terlihat pada aspek self compassion yaitu aspek self kindness common humanity dan mindfulness. Kemudian terlihat bahwa anggota kelompok mampu aktif antusias saling menghargai saling mengeluarkan pendapat mampu mendengarkan dengan baik mampu melakukan relaksasi praktek serta menyelesaikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Saran pada penelitian ini agar guru BK hendaknya menambah pengetahuan dan wawasan terkait permasalahan self compassion. Kemudian Guru BK juga dapat mempelajari secara intens panduan konseling kelompok Modification Mindful Self Compassion (MMSC) sebagai salah satu upaya untuk membantu menyelesaikan permasalahan peserta didik. Kemudian untuk peneliti selanjutnya memiliki potensi untuk melakukan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan Single Subject Research (SSR).

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jan 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/348379

Actions (login required)

View Item View Item