Mony, Wadra (2024) Pengaruh teknik self instruction bermuatan nilai petatah petitih dalam bingkai konseling kelompok cognitive behavior untuk mereduksi prokrastinasi penulisan skripsi / Wadra Mony</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti kepada mahasiswa Minangkabau yang berada di kota Malang menunjukkan 16 mahasiwa memiliki tingkat prokrastinasi rendah 10 mahasiswa memiliki tingkat prokrastinasi sedang dan 12 mahasiswa memiliki tingkat prokrastinasi tinggi. Untuk menurunkan perilaku prokrastinasi tersebut perlu intervensi berupa teknik self instruction bermuatan nilai petatah dalam bingkai konseling kelompok cognitive behavior. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh teknik self instruction bermuatan nilai petatah petitih dalam bingkai konseling kelompok cognitive behavior untuk mereduksi prokrastinasi penulisan skripsi. Nilai petatah petitih yang digunakan pada penelitian ini yaitu duduak marauik ranjau tagak maninjau jarak nan kayo kuek mancari nan pandai kuek baraja Pasa jalan dek batampuah lancar kaji dek baulang anyuik labu dek manyauak hilang kabau dek kubalo Anak-anak kato manggaduah sabab manuruik sikandak hati kabuik hilang hujanlah taduah nan hilang patuik dicari. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian yaitu mahasiswa perantau minang yang sejumlah 14 orang yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai derajat signifikan 0 026 dan lebih kecil dari 0 05 maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik self instruction bermuatan nilai petatah petitih dalam bingkai konseling kelompok cognitive behavior berpengaruh untuk mereduksi prokrastinasi penulisan skripsi. Sedangkan pada uji Mann Whitney nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0 004. Nilai tersebut lebih kecil daripada tingkat signifikansi alpha 0 05 (0 004 lt alpha 0 05). Maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil penelitian pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/348378 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |