Analisis faktor motivasional siswa mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri se kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Triwijayanti wulansari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis faktor motivasional siswa mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri se kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Triwijayanti wulansari

Wulansari, Triwijayanti (2012) Analisis faktor motivasional siswa mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri se kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Triwijayanti wulansari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci motivasi siswa kegiatan ekstrakurikuler dan faktor motivasional Keinginan memilih kegiatan ekstrakurikuler seorang peserta didik didasarkan atas dorongan dari dalam dan luar dirinya. Dorongan ini yang membuat peserta didik ingin mengikuti salah satu dari kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Dorongan dari dalam inilah yang biasanya disebut dengan motivasi. Dalam melakukan sesuatu setiap orang didasarkan oleh keinginan dan motivasi. Tanpa adanya motivasi dan keinginan maka orang tidak akan melakukan sesuatu hal. Berkaitan dengan motivasi memilih kegiatan ekstrakurikuler maka penelitian ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor motivasional apa sajakah yang melatarbelakangi siswa memilih kegiatan ekstrakurikuler untuk menjelaskan faktor motivasi yang paling dominan yang mempengaruhi siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri se-Kecamatan Singosari dan untuk menemukan seberapa tingkat kecenderungan masing-masing faktor motivasional yang mendorong siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri se-Kecamatan Singosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan teknik penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik penelitian deskriptif dan eksploratori. Variabel penelitian ini motivasi memilih kegiatan ekstrakurikuler. Populasi penelitian ini berjumlah 1942 siswa yang berasal dari 2 sekolah yaitu SMKN 1 Singosari dan SMKN 2 Singosari sedangkan sampelnya berjumlah 332 siswa dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Dan data diolah menggunakan sistem komputerisasi melalui program SPSS 16.00 for windows realase. Kesimpulan penelitian menemukan (1) faktor-faktor motivasional yang melatarbelakangi siswa memilih kegiatan ekstrakurikuleryaitu (a) senang dengan kegiatan keagamaan (b) senang dengan kegiatan kesenian (c) senang dengan kegiatan sosial (d) senang dengan kegiatan olahraga dan (e) kebutuhan siswa (2) faktor motivasi yang paling dominan yang mempengaruhi siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri se-Kecamatan Singosari adalah senang dengan kegiatan keagamaan Sedangkan (3)tingkat kecenderungan masing-masing faktor motivasional yang mendorong siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri se-Kecamatan Singosari yaitu (a) senang dengan kegiatan keagamaan memiliki kontribusi sedang terhadap motivasional siswa memilih kegiatan ekstrakurikuler (b) senang dengan kegiatan kesenian memiliki kontribusi sedang terhadap motivasional siswa memilih kegiatan ekstrakurikuler (c) senang dengan kegiatan sosial memiliki kontribusi sedang terhadap motivasional siswa memilih kegiatan ekstrakurikuler (d) senang dengan kegiatan olahraga memiliki kontribusi sedang terhadap motivasional siswa memilih kegiatan ekstrakurikuler dan (e) kebutuhan siswa cenderung memiliki kontribusi tinggi terhadap motivasi siswa memilih kegiatan ekstrakurikuler. Berdasarkan kesimpulan maka disarankan (1) Bagi Kepala Sekolah hendaknya melakukan pertimbangan-pertimbangan dalam mengambil keputusan yang melibatkan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah agar semua siswa dapat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler (2) Bagi Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswaan hendaknya melakukan inovasi dan pembaharuan dengan merujuk hasil penelitian ini maka dapat diketahui apa saja yang harus diperbaiki. Inovasi ini dilakukan semua kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah agar semua siswa tertarik untuk ikut dalam kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah (3) Bagi Peserta Didik siswa harus mengetahui bakat dan minatnya mulai dari awal masuk sekolah agar lebih mudah untuk memilih kegiatan ekstrakurikuler apa yang akan diikuti (4) Bagi Jurusan Administrasi Pendidikan menambah referensi mengenai ilmu Manajemen Layanan Khusus bagi peserta didik dan (5) Bagi Peneliti lain hendaknya melakukan kajian ulang terhadap hasil penelitian dengan cara menguji hasil penelitian ini. Apabila faktor motivasional siswa memilih kegiatan ekstrakurikuler maka dapat dikembangkan peneliti berikutnya sehingga menghasilkan temuan-temuan baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3483

Actions (login required)

View Item View Item