Pengaruh penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) terhadap motivasi belajar dan hasil belajar akuntansi SMK Negeri Tegalsari tahun ajaran 2015/2016 / Arif Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) terhadap motivasi belajar dan hasil belajar akuntansi SMK Negeri Tegalsari tahun ajaran 2015/2016 / Arif Wicaksono

Wicaksono, Arif (2016) Pengaruh penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) terhadap motivasi belajar dan hasil belajar akuntansi SMK Negeri Tegalsari tahun ajaran 2015/2016 / Arif Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wicaksono Arif. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction) Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Akuntansi SMK Negeri Tegalsari Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Prodi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Bety Nur Achadiyah S. Pd. M.Sc (I). Pembimbing (2) Dr. Dodik Juliardi S.E M.M Ak. Kata Kunci Model Pembelajaran ARIAS Motivasi Belajar Hasil Belajar. Tujuan dari setiap pembelajaran adalah memperoleh hasil yang optimal. Hasil yang optimal akan tercapai apabila 75% peserta didik terlibat secara aktif baik fisik maupun mental dalam proses pembelajaran. Maka guru dituntut untuk mampu menciptakan metode/model pembelajaran yang tepat guna meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran ARIAS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model ARIAS (Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction) terhadap motivasi belalajar dan hasil belajar. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dalam bentuk eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Pretest-Postest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Akuntansi SMK Negeri Tegalsari tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel terpilih kelas XI Ak 2 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model pembelajaran ARIAS sedangkan kelas XI Ak 1 diberikan perlakuan model pembelajaran konvensional. Teknik analisis data menggunakan uji-t menggunakan independent-sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran ARIAS berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik. Hal ini didukung dengan rata-rata skor motivasi kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dan nilai sign motivasi belajar sebesar 0 009 0 05. (2) Penerapan model pembelajaran ARIAS berpengaruh terhadap hasil belajar. Hal ini dukung dengan hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol dan nilai sign hasil belajar sebesar 0 036 0 05. Saran yang dianjurkan oleh peneliti adalah (1) Digunakan pertimbangan oleh pihak sekolah guna memperbaiki dan meningkatkan sistem pembelajaran agar terjadi perbaikan pada kualitas pembelajaran yang inovatif dan kreatif serta membuat motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik lebih baik. (2) Dapat diterapkan dalam pembelajaran guna meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik. (3) Penelitian selanjutnya hendaknya memberikan kuesioner sebelum dan sesudah diberikan perlakuan serta mengukur motivasi belajar tidak hanya dengan kuesioner tetapi dikombinasikan dengan teknik wawancara dan observasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34821

Actions (login required)

View Item View Item