Pengaruh pemahaman guru akuntansi tentang kurikulum 2013 terhadap hasil penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran akuntansi SMA dan SMK se-kabupaten Lumajang / Galuh Windang Nuraulia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemahaman guru akuntansi tentang kurikulum 2013 terhadap hasil penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran akuntansi SMA dan SMK se-kabupaten Lumajang / Galuh Windang Nuraulia

Nuraulia, Galuh Windang (2016) Pengaruh pemahaman guru akuntansi tentang kurikulum 2013 terhadap hasil penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran akuntansi SMA dan SMK se-kabupaten Lumajang / Galuh Windang Nuraulia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nuraulia Galuh Windang. 2015. Pengaruh Pemahaman Guru Akuntansi Tentang Kurikulum 2013 Terhadap Hasil Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Akuntansi SMA dan SMK se-Kabupaten Lumajang. Skripsi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Diana Tien Irafahmi S.Pd. M.Ed (II) Dr. Eka Ananta Sidharta S.E. M.M. Ak. CA Kata Kunci Kurikulum 2013 Pemahaman Guru tentang Kurikulum 2013 RPP Kurikulum merupakan komponen pertama dan utama dalam penyelenggaraan pendidikan. Keberhasilan implementasi kurikulum bergantung pada seluruh penyelenggara pendidikan salah satunya adalah seorang guru. Karena guru lah ujung tombak dari sebuah proses pembelajaran. Saat ini kurikulum yang baru saja diterapkan adalah Kurikulum 2013. Tercapainyan penerapan Kurikulum 2013 tidak terlepas dari pemahaman guru dan akan diwujudkan dalam sebuuah proses pembelajaran khususnya dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemahaman guru akuntansi tentang Kurikulum 2013 terhadap hasil penyusunan RPP mata pelajaran akuntansi SMA dan SMK se-kabupaten Lumajang. Variabel independen (bebas) pada penelitian ini adalah pemahaman guru akuntansi tentang Kurikulum 2013 sedangkan variabel dependen (terikat) adalah hasil penyusunan RPP mata pelajaran akuntansi SMA dan SMK se-kabupaten lumajang (Y). Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Analisis data berupa analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Penentuan sampel penelitian adalah sampling jenuh. Subjek penelitian sejumlah 17 orang guru akuntansi yang diambil dari seluruh jumlah populasi guru akuntansi di SMA dan SMK di Kabupaten Lumajang. Hasil analisis deskriptif dari penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru akuntansi tentang Kurikulum 2013 76 47% atau sejumlah 13 orang termasuk pada klasifikasi tinggi dan sisanya sebesar 23 53% atau sejumah 4 orang termasuk dalam klasifikasi sedang. Sedangkan hasil penyusunan RPP mata pelajaran akuntansi termasuk 64 71%% atau sejumlah 11 orang termasuk klasifikasi sangat tinggi dan sisanya 6 orang guru lainnya atau setara 35 29% termasuk pada klasifikasi tinggi. Dari hasil analisis regresi linear sederhananya dengan taraf kesalahan 5 % (sig 945 0 05) diketahui bahwa variabel X mempunyai nilai sig t (0 007) sig 945 (0 05) dan nilai t hitung (3 151) t tabel (1 753) sehingga dapat dikatakan pemahaman guru akuntansi tentang Kurikulum 2013 mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil penyusunan RPP mata pelajaran akuntansi SMA dan SMK se-kabupaten Lumajang (Y). Sedangkan besarnya kontribusi yang diberikan variabel X ditunjukkan dengan nilai Adjusted R Square sebesar 0 358 atau 35 8% sedangkan sisanya sebesar 64 2% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa X berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34817

Actions (login required)

View Item View Item