Peningkatan kompetensi pedagogi digital guru melalui blended professional learning community di SDN 2 Tanggung Kota Blitar / Septiyani Kharisma Prathama</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kompetensi pedagogi digital guru melalui blended professional learning community di SDN 2 Tanggung Kota Blitar / Septiyani Kharisma Prathama</p>

Prathama, Septyani Kharisma (2024) Peningkatan kompetensi pedagogi digital guru melalui blended professional learning community di SDN 2 Tanggung Kota Blitar / Septiyani Kharisma Prathama</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kompetensi pedagogi digital sangat diperlukan guru di era teknologi saat ini terutama dalam upaya memfasilitasi pembelajaran yang lebih bermakna dan sesuai dengan peminatan peserta didik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pentingnya komunitas belajar profesional guru dalam satuan pendidikan yang dilakukan secara face to face maupun virtual atau disebut blended professional learning community (BPLC) untuk meningkatkan kompetensi pedagogi digital. Melalui BPLC guru memiliki wadah berbagi praktik baik pembelajaran dan berbagi pengalaman dalam menyelesaikan tantangan yang dihadapi dalam memfasilitasi siswa belajar sesuai kodrat dan perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu masif menuntut guru sebagai pembelajar sepanjang hayatvmampu meningkatkan kemampuan pedagogi digitalnya dan terus menggali informasi pengetahuan dan isu-isu sebanyak mungkin tentang perkembangan teknologi.Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara reflektif dan survei. Subjek penelitian melibatkan 8 guru SDN 2 Tanggung yang merupakan penggerak adan anggota komunitas belajar intra sekolah Data dikumpulkan melalui observasi wawancara angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan serta validasi instrumen dan triangulasi data.Hasil penelitian menunjukkan komunitas belajar profesional campuran atau Blended Professional Learning Community dapat meningkatkan kompetensi pedagogi digital guru diantaranya guru terampil mengikuti perkembangan teknologi dan tau cara menggunakannya dalam pembelajaran guru terampil menciptakan konten pembelajaran menarik dan inovatif serta mengadaptasi kebutuhan siswa yang aktif dan cepat menyesuaikan perkembangan teknologi guru berpikir kritis mampu menyelesaikan masalah yang muncul dalam pembelajaran melalui kolaborasi dan berbagi praktik baik dengan rekan guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Aug 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/348147

Actions (login required)

View Item View Item