Pengembangan e-modul IPAS berbasis masalah pada Kelas IV SDN Bunulrejo 04 Malang / Dwiki Mariyati</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul IPAS berbasis masalah pada Kelas IV SDN Bunulrejo 04 Malang / Dwiki Mariyati</p>

Mariyati, Dwiki (2024) Pengembangan e-modul IPAS berbasis masalah pada Kelas IV SDN Bunulrejo 04 Malang / Dwiki Mariyati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mariyati Dwiki. 2024. Pengembangan E ndash modul IPAS Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas IV SDN Bunulrejo 04 Malang. Tesis Jurusan Pendidikan Dasar. Program Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Wahjoedi M.E. (2) Dr. Oktaviani Adhi Suciptaningsih M.Pd. Kata kunci E-modul materi IPAS berbasis masalah kelas IV Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mendeskripsikan suatu bahan ajar berbentuk e-modul materi IPAS berbasis masalah yang valid praktis dan efektif. Penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analyze (analisis) Design (desain) Development (pengembangan) Implementation (implementasi) Evaluate (evaluasi). Hasil penelitian yang diperoleh bahwa e-modul yang didesain menggunakan aplikasi Canva isi materi IPAS mulai semester 1 sampai semester 2 serta dari bab 1 sampai bab 8. Selain itu didalamnya juga mengandung capaian pembelajaran video pembelajaran ruang diskusi latihan soal dan soal evaluasi. E-modul yang dikembangkan memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. tingkat kevalidan materi dari e-modul yang dikembangkan yaitu 90% dengan kriteria ldquo Sangat Valid rdquo . Sedangkan hasil penilaian untuk tingkat kevalidan media dari e-modul yang dikembangkan yaitu 88 75% dengan kriteria ldquo Sangat Valid rdquo . Penilaian tingkat kepraktisan oleh guru dari e-modul yang dikembangkan adalah 97% dengan kategori ldquo Sangat Praktis rdquo . Hasil angket efektifitas e modul oleh siswa atau angket respon siswa diperoleh tingkat keefektifan e-modul sebesar 92.2%. Hasil rata rata Gain Score yang diperoleh sebesar 0 65 yang termasuk kedalam kategori ldquo Cukup Efektif rdquo .

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jul 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/348146

Actions (login required)

View Item View Item