Kurniawati, Ria (2024) Media belajar volume gabungan bangun ruang berbasis augmented reality untuk mendukung kecerdasan visual spasial siswa / Ria Kurniawati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Kurniawati Ria. 2024. Media Belajar Volume Gabungan Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality untuk Mendukung Kecerdasan Visual-Spasial Siswa. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Susiswo M.Si. (2) Dr. Syamsul Hadi M. Pd M.Ed. Kata Kunci volume gabungan augmented reality kecerdasan visual-spasial. Teknologi Augmented Reality (AR) merupakan teknologi visual 3 dimensi yang menggabungkan dunia nyata dengan dunia virtual untuk mendukung pembelajaran di sekolah. AR sangat berguna untuk memahami konsep seperti volume gabungan bangun ruang yang membingungkan siswa saat harus memecah bangun ruang menjadi bagian-bagian tunggal. Penelitian sebelumnya lebih fokus pada pengenalan bangun ruang jaring-jaring bangun ruang dan volume bangun ruang tunggal. Sehingga peneliti berharap dapat mengembangkan media belajar berbasis Augmented Reality untuk materi volume gabungan bangun ruang yang valid praktis dan efektif guna menunjang kecerdasan visual-spasial siswa yang sesuai dengan tahapan operasional konkret siswa. Pengembangan media ini mengikuti model penelitian berbasis desain oleh Klopfer amp Squire (2008) dan Hadjistassou dkk. (2021) yang terdiri atas tahapan brainstorming design development field trials dan classroom implementations. Integrasi app Blender Unity 3D dan Vuforia digunakan untuk memproduksi media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan dengan mudah dan memastikan fungsi utama dari media teruji dengan baik. Hasil validasi menunjukkan bahwa media ini valid dari segi media dan materi dengan skor rata-rata 3 18 dan praktis dengan skor rata-rata 3 54. Revisi kecil diperlukan pada aspek interaktivitas media penambahan soal pengayaan dan peningkatan fleksibilitas akses aplikasi serta desain tampilan. Namun efektivitas media dalam meningkatkan kecerdasan visual-spasial siswa tidak signifikan secara statistik. Media Belajar Volume Gabungan Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality untuk Mendukung Kecerdasan Visual-Spasial Siswa dengan implementasi yang tepat pada tahapan dan metode pembelajaran yang sesuai akan memberikan manfaat pada aspek kecerdasan lain seperti interpersonal intelligence intrapersonal intelligence dan logika-matematika. Tes Multiple Intelligences Research (MIR) sebaiknya diterapkan untuk mengetahui efektivitas media secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/348145 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |