Humaida, Rofiq Alfa (2024) Peningkatan student leadership melalui kegiatan ekstrakurikuler gerakan pramuka di SD Negeri Sawentar 02 Kabupaten Blitar / Rofiq Alfa Humaida</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Humaida Rofiq Alfa. 2024. Peningkatan Student Leadership Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Gerakan Pramuka di SD Negeri Sawentar 02 Kabupaten Blitar. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar. Program Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sri Untari M. Si (2) Dr. Riska Pristiani S.Pd M.Pd Kata Kunci ekstrakurikuler kepemimpinan siswa keterampilan Pramuka sekolah dasar. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa rendahnya pengetahuan kepemimpinan siswa di SD Negeri Sawentar 02 Kabupaten Blitar yang Tujuan umum penelitian untuk menganalisis student leadership melalui ekstrakurikuler Gerakan Pramuka di SD Negeri Sawentar 02 Kabupaten Blitar. Tujuan khusus penelitian untuk menganalisis 1) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Gerakan Pramuka di SD Negeri Sawentar 02 Kabupaten Blitar 2) proses peningkatkan student leadership melalui ekstrakurikuler Gerakan Pramuka di SD Negeri Sawentar 02 Kabupaten Blitar 3) kendala yang ditemui dalam meningkatkan student leadership melalui ekstrakurikuler Gerakan Pramuka di SD Negeri Sawentar 02 Kabupaten Blitar dan 4) solusi yang diberikan untuk mengatasi kendala yang ditemui dalam meningkatkan student leadership melalui ekstrakurikuler Gerakan Pramuka di SD Negeri Sawentar 02 Kabupaten Blitar Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Sumber data penelitian diperoleh dari subjek penelitian informan peristiwa dan dokumen. Subjek penelitian adalah siswa kelas 6 di SD Negeri Sawentar 02 Kabupaten Blitar. Informan penelitian ini kepala sekolah siswa pembina Pramuka dan guru kelas 6. Peristiwa yang digunakan adalah kegiatan baris berbaris pada ekstrakurikuler Pramuka dengan pemberian materi dan praktik baris berbaris digunakan untuk menilai keterampilan kepemimpinan siswa sebagai anggota Pramuka. Pengumpulan data menggunakan observasi wawancara angket keterampilan kepemimpinan siswa dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan menggunakan teknik triangulasi data (sumber teknik waktu). Teknik an aacute lisis data menggunakan Teknik analisis kualitatif menggunakan agregasi kategori Interpretasi langsung membentuk pola dan mencari kesepadanan antara dua atau lebih kategori dan generalisasi naturalistic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kebanyakan siswa sebagai anggota Pramuka penggalang di SD Negeri Sawentar 02 Kabupaten Blitar masuk dalam kategori baik dalam melakukan praktik baris berbaris dan memiliki kemampuan menjadi pemimpin dalam kategori baik 2) terdapat peningkatan keterampilan kepemimpinan siswa sebelum dilakukan kegiatan terkait baris berbaris (PBB) dengan setelah dilakukan kegiatan baik pada keterampilan teknis keterampilan manusia maupun keterampilan konseptual. Terdapat peningkatan kemampuan siswa sebagai pemimpin yang ditunjukkan dengan hasil penilaian PBB 3) Kendala yang ditemui dalam meningkatkan student leadership melalui ekstrakurikuler Gerakan Pramuka di SD Negeri Sawentar 02 Kabupaten Blitar meliputi penelokan siswa untuk menjadi pemimpin keterbatasan waktu dan keterbatasan sumber daya manusia dan 4) Solusi untuk mengatasi kendala meliputi memberikan motivasi kepada siswa untuk menjadi pemimpin memberikan kesempatan yang lebih besar untuk menjadi pemimpin dalam berbagai hal mengadakan kegiatan perkemahan mengikuti kegiatan perlombaan bersinergi dengan kegiatan sekolah yang berhubungan dengan baris berbaris melakukan kerjasama dengan pembina lain/ ahli PBB dan mengadakan kegiatan latihan gabungan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/348144 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |