Saifullah, Ahmad (2024) Tumbuh berkarakter melalui implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila pada tema gaya hidup berkelanjutan di Kelas 4 SD Negeri Tunggulwulung 1 / Ahmad Saifullah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan penerapan dan hambatan dalam implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema gaya hidup berkelanjutan di kelas 4 SD Negeri Tunggulwulung 1. Fokus utama adalah mengkaji bagaimana P5 dapat membentuk karakter siswa yang berorientasi pada nilai-nilai Pancasila serta meningkatkan kesadaran mereka terhadap gaya hidup berkelanjutan. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah salah satu tema dalam P5 yaitu Gaya Hidup Berkelanjutan pembelajaran dilaksankan dengan kreatif dan interaktif seperti diskusi kelompok proyek kolaboratif dan kegiatan lapangan. Tema gaya hidup berkelanjutan ditetapkan sekolah dan dilanajakn selama satu semester sehingga siswa dapat memahami konsep secara menyeluruh. Selain itu penelitian ini juga mengidentifikasi sumber daya yang tersedia serta kesiapan guru dalam melaksanakan P5. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Fokusnya adalah implementasi Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertema gaya hidup berkelanjutan di kelas 4 SD Negeri Tunggulwulung 1. Sumber data diperoleh dari Kepala Sekolah Guru Kelas dan Siswa. Data dikumpulkan melalui observasi wawancara dan analisis dokumen untuk menggambarkan secara mendalam penerapan dan hambatan yang dihadapi dalam program tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi P5 di kelas 4 SD Negeri Tunggulwulung 1 telah berjalan dengan baik meskipun terdapat beberapa hambatan. Para guru berhasil memanfaatkan media pembelajaran yang beragam dan melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Namun keterbatasan sumber daya dan kesiapan guru menjadi kendala utama. Selain itu partisipasi siswa bervariasi tergantung pada minat dan pemahaman mereka terhadap tema yang diajarkan. Meskipun demikian penerapan P5 dengan tema gaya hidup berkelanjutan telah berhasil meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya menjaga lingkungan dan menerapkan gaya hidup yang bertanggung jawab. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi P5 memiliki potensi besar dalam membentuk karakter pelajar yang berkarakter dan berwawasan lingkungan asalkan didukung oleh upaya peningkatan kapasitas guru dan penyediaan sumber daya yang memadai.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/348143 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |