Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan problem solving bilangan bulat kelas vi siswa sekolah dasar / Ciptaningsih</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan problem solving bilangan bulat kelas vi siswa sekolah dasar / Ciptaningsih</p>

Ciptaningsih (2024) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan problem solving bilangan bulat kelas vi siswa sekolah dasar / Ciptaningsih</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan problem solving sangat penting diasah dan dikembangkan dengan memberikan kesempatan pembelajaran yang memfasilitasi masalah sesuai keberagaman siswa. Oleh sebab itu dibutuhkan perangkat pembelajaran yang menunjang berkembangnya kemampuan problem solving siswa. Salah satu yang dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran yaitu dengan menggabungkan strategi diferensiasi dan model problem based learning. Berdasarkan analisis kebutuhan dari hasil kegiatan observasi dan wawancara awal penelitian ini penting dilaksanakan karena untuk memenuhi peningkatan kemampuan problem solving pada materi bilangan bulat di kelas VI di UPT SD Negeri Binangun 01. Melalui penelitian ini peningkatan kemampuan problem solving meningkat sehingga memenuhi pengembangan pembelajaran bilanagn bulat. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning berdiferensiasi untuk menilai validitas kepraktisan dan pengembanganterhadap kemampuan problem solving matematika. Kelas uji coba yang digunakan yaitu kelas VI UPT SD Negeri Binangun 01. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluation) dengan metode research and development (R amp D). Proses perencanaan dan implementasi menggunakan model pembelajaran diferensiasi Tomlinson model problem based learning menerapkan sintaks Arends dan problem solving matematika menggunakan langkah-langkah Polya. Proses validasi dilaksanakan oleh ahli materi/pembelajaran untuk menilai kelayakan perangkat pembelajaran dan revisi jika diperlukan. Hasil observasi pembelajaran oleh praktisi pembelajaran dan survei respon siswa digunakan untuk mengetahui kepraktisan perangkat pembelajaran. Pengembanganpembelajaran diperoleh dari hasil pengolahan data statistik dengan berbantuan SPSS software. Penelitian menunjukkan hasil bahwa 1) Perangkat pembelajaran berbasis PBL berdiferensiasi mendapatkan skor prosentase validitas sebesar 92 75% yang berarti sangat baik dalam validitas 2) Kepraktisan perangkat pembelajaran memperoleh rata-rata skor prosentase sebesar 91 03% yang berarti sangat baik dalam praktikalitas (3) Pengembanganperangkat pembelajaran mendapatkan skor N-Gain 0 81 yang berarti memenuhi efektivitas. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis PBL berdiferensiasi valid praktis dan efektif terhadap peningkatan kemampuan PS matematika siswa SD. Kontribusi penelitian terhadap pendidikan yaitu produk berupa perangkat pembelajaran yang terdiri dari asesmen diagnostik kognitif awal (ADKA) RPP LKPD dan post test untuk meningkatkan kemampuan problem pada materi solving bilangan bulat kelas VI siswa sekolah dasar

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/348138

Actions (login required)

View Item View Item