Pengembangan media power point interaktif untuk pembelajaran tema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku pada kelas IV SDN Tunjung Sekar 1 Kota Malang / Retno Dwi Anugrawati</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media power point interaktif untuk pembelajaran tema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku pada kelas IV SDN Tunjung Sekar 1 Kota Malang / Retno Dwi Anugrawati</p>

Anugrawati, Retno Dwi (2022) Pengembangan media power point interaktif untuk pembelajaran tema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku pada kelas IV SDN Tunjung Sekar 1 Kota Malang / Retno Dwi Anugrawati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anugrawati Retno Dwi. 2022. Pengembangan Media Power Point Interaktif Untuk Pembelajaran Tema Keragaman Suku Bangsa dan Agama Di Negeriku Pada Kelas IV SDN Tunjung Sekar 1 Kota Malang. Tesis. Pendidikan Dasar. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Heri Suwignyo (II) Prof. Dr. Ery Djatmiko R.W.W. M.A. M.Si. Kata Kunci Power point interaktif Keragaman suku bangsa dan agama di negeriku Kelas IV SD Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media interaktif keragaman suku bangsa dan agama di negeriku untuk pembelajaran kelas IV SDN Tunjung Sekar 1 Kota Malang yang valid dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ASSURE. Data pada penelitian ini diperoleh melalui kuesioner yang diberikan pada ahli materi ahli media dan ahli pengguna. Produk yang sudah divalidasi dan direvisi kemudian diuji efektifitasnya pada siswa kelas IV SDN Tunjung Sekar berjumlah 27 orang. Model ASSURRE terdiri dari beberapa tahapan 1) Analyze learner characteristic dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang memiliki karakteristik umum seperti memiliki rata-rata usia 11 tahun berasal dari suku Jawa dan berasal dari latar belakang sosial ekonomi yang berbeda-beda 2) States Performance Objectives tahap penentuan ini dilandasi dari tahap analisis kurikulum yang selanjutnya peneliti gunakan untuk mengembangkan media 3) Select Methods Media And Materials media pembelajaran yang digunakan berupa power point interaktif pada awal pembelajaran peneliti menggunakan metode ceramah dan tanya jawab selanjutnya dilakukan metode penemuan. Adapun materi yang dipaparkan disesuaikan dengan mata pelajaran yang terdapat pada Tema Keragaman Suku Bangsa dan Agama Di Negeriku di SDN Tunjung Sekar Kota Malang 4) Utilize Materials pendidik bersama peneliti berkoordinasi dengan menyusun media dan bahan ajar melalui konsep 5P 5) Requires Learner Participation siswa secara langsung diberikan kesempatan untuk menggunakan media pembelajaran yang telah dikembangkan 6) Evaluate and Revise revisi produk dilakukan sesuai saran yang telah disampaikan oleh para validator. Hasil validasi ahli media dan ahli materi secara keseluruhan diperoleh nilai kevalidan mencapai 81 5% dan masuk dalam kriteria valid dan layak digunakan untuk pembelajaran dan tanggapan praktisi diperoleh nilai 85% dan dinyatakan layak dan diterima sebagai media pembelajaran media yang dikembangkan tergolong efektif dengan presentase 86 48%. Penelitian ini masih merupakan penelitian tahap awal dalam penyusunan media interaktif keragaman suku bangsa dan agama di negeriku. Oleh karena itu sangat perlu dilakukan penelitian lanjutan

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/348136

Actions (login required)

View Item View Item