Pengembangan e-modul berbasis inkuiri untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar di Kota Blitar / Ruciana Galunggung</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbasis inkuiri untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar di Kota Blitar / Ruciana Galunggung</p>

Galunggung, Ruciana (2024) Pengembangan e-modul berbasis inkuiri untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar di Kota Blitar / Ruciana Galunggung</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Literasi sains merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki siswa tidak hanya mengenal sains sebagai konsep pengetahuan namun juga membantu meningkatkan ketrampilan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Kemampuan literasi sains siswa kelas IV SD di Indonesia masih dibawah rata ndash rata kondisi ini didukung dengan pembelajaran disekolah masih book oriented dan teacher oriented. Fakta ini menunjukkan perlunya dukungan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains melalui media dan metode yang tepat untuk pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis inkuiri untuk meningkatkan literasi sains pada materi siklus air di kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan metode pengembangan Lee and Owen yang meliputi Asesmen/analisis (Needs assessment and Front-end analysis) Design Development Implementation dan Evaluation. Desain uji coba dalam penelitian pengembangan ini menggunakan satu kelompok terdiri dari 30 siswa kelas IV SDN Klampok Kota Blitar yang diberikan pretest sebelum penggunaan e-modul dan diberikan posttest setelah penggunaan e-modul. Validitas pengembangan e-modul diperoleh dari ahli materi ahli bahan ajar dan praktisi lapangan melalui instrument angket validasi. Kepraktisan e-modul diperoleh dari angket respon siswa setelah menggunakan e-modul. Sedangkan untuk efektifitas e-modul dihasilkan dari tes kemampuan literasi sains siswa yang dianalisis dengan menggunakan bantuan IBM SPSS statistics 23 menggunakan uji prasyarat saphiro wilk untuk uji normalitas kemudian dilakukan uji sample paired t-test dan menghitung N-Gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memenuhi validitas kepraktisan dan keefektifan. Berdasarkan hasil validasi ahli materi media dan praktisi (Guru) tingkat kevalidan produk dengan kriteria sangat valid. Secara berurutan presentasi ketiga validator Ahli Materi Media dan Praktisi (Guru) diantaranya 99 5 % 90 8 % dan 99 5 %. Sementara untuk kepraktisan berdasar respon siswa juga termasuk dalam kategori praktis yakni 88%. Berdasar hasil uji hipotesis sig.(2-tailed) sebesar 0 000 (sig. lt 0 05) menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh mengindikasikan bahwa ada bukti yang kuat untuk menolak H0 dan mendukung Ha yang dapat diartikan bahwa e-modul berbasis inkuiri memiliki pengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah e-modul yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran IPA kelas IV materi siklus air untuk meningkatkan kemampuan literasi sains.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/348135

Actions (login required)

View Item View Item