Efektivitas PjBL-STEM terhadap keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa sekolah dasar / Pulia Wati</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas PjBL-STEM terhadap keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa sekolah dasar / Pulia Wati</p>

Wati, Pulia (2024) Efektivitas PjBL-STEM terhadap keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa sekolah dasar / Pulia Wati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abad 21 menuntut siswa dapat memiliki keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar yang tinggi. Data survei PISA menunjukkan bahwa pengetahuan keterampilan berpikir siswa Indonesia masih sangat rendah dan belum mencapai standar nilai yang ditetapkan PISA. Berdasarkan observasi dan wawancara di sekolah dasar ditemukan masih kurangnya penggunaan model dan pendekatan pembelajaran serta guru tidak memberikan alternatif pilihan akses belajar siswa. Maka penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas PjBL-STEM terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain quasi eksperimen. Subjek penelitian berjumlah 56 siswa SD yang terdiri dari 2 kelas yaitu 28 siswa kelas eksperimen dan 28 siswa kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapat perlakuan pembelajaran PjBL-STEM sedangkan kelas kontrol mendapat perlakuan pembelajaran konvensional. Data kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh dari instrumen tes kemampuan berpikir kritis siswa. Data motivasi belajar siswa diperoleh dari angket motivasi belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Independent Sample t Test pada tingkat signifikansi (sig lt 0 05). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa pada kelas dengan pembelajaran PjBL-STEM dan kelas konvensional. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai Posttest dan hasil angket yang diperoleh pada kelas PjBL-STEM dibandingkan dengan kelas konvensional. uji independent sample t test menunjukkan nilai probabilitas signifikansi sebesar 0 000 yang berarti lebih kecil dari alpha 0 05 (sig lt 0 05). Oleh karena itu PjBL-STEM terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jul 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/348134

Actions (login required)

View Item View Item