Rahayu, Winanjar (2024) Implementasi program gelis dalam gerakan literasi Sekolah di SD Muhammadiyah 3 Assalaam Malang Jawa Timur / Winanjar Rahayu</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Gerakan literasi sekolah telah menjadi fokus penting bagi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Salah satu permasalahan yang turut menyebabkan menurunnya pemahaman siswa terhadap proses pembelajaran adalah rendahnya minat membaca siswa di Indonesia. Penelitian ini melibatkan 15 orang guru sekolah dasar dan tiga tokoh literasi utama di kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program GELIS (Gerakan Literasi Sekolah) di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan CIPP dan jenis penelitian ini disebut evaluasi deskriptif. Pengumpulan data terutama dilakukan melalui survei yang meliputi observasi wawancara dan penyebaran kuesioner kepada partisipan penelitian. Hasil temuan menunjukkan bahwa pelaksanaan program dilakukan dengan metode dan strategi yaitu kajian pendahuluan tujuan dan pembagian ke dalam beberapa aspek literasi yaitu program pembiasaan pengembangan dan pembelajaran. Hasil evaluasi CIPP menunjukkan konteks sudah sesuai dengan tujuan pembentukan karakter dan peningkatan literasi siswa inputnya menggunakan sarana dan prasarana yang standar namun perlu perbaikan pada aspek sumber daya guru dan prosesnya sesuai dengan harapan. Tahapan perencanaan dan kegiatan pemilahan berdasarkan aspek dan produk memberikan dampak positif yaitu peningkatan literasi baik bagi siswa maupun guru dengan peningkatan persentase kategori ldquo selalu rdquo membaca buku selama 15 menit dari 21 4% menjadi 92%. Dan untuk guru pada kategori ldquo selalu rdquo indikator menemukan metode pengajaran literasi efektif dari 7 14% meningkat menjadi 92%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan program GELIS di SD Muhammadiyah 3 Assalaam telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan minat membaca dan kemampuan literasi siswa. Faktor keberhasilan pelaksanaan program ini antara lain komitmen yang kuat dari kepala sekolah dan guru partisipasi aktif orang tua dan penggunaan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/348126 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |