Pengaruh mindfulness terhadap keterampilan membaca pemahaman pada peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Gadang Kota Malang / Uung Gondo Saputro</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh mindfulness terhadap keterampilan membaca pemahaman pada peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Gadang Kota Malang / Uung Gondo Saputro</p>

Saputro, Uung Gondo (2024) Pengaruh mindfulness terhadap keterampilan membaca pemahaman pada peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Gadang Kota Malang / Uung Gondo Saputro</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan yang sangat cepat dari zaman telah membuat informasi begitu mudah diakses sehingga membutuhkan kemampuan untuk memperoleh informasi. Kemampuan membaca adalah kemampuan yang penting dalam menerima informasi. Secara khusus membaca pemahaman yang merupakan kemampuan seseorang untuk menangkap informasi dalam membaca teks. Banyak penelitian telah membahas praktik mindfulness yang memiliki efek positif pada berbagai aspek termasuk pemahaman membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh praktik mindfulness pada kemampuan membaca pemahaman pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan Quasi Exsperimental. Sampel penelitian yang digunakan adalah teknik simple random sampling. 50 Peserta didik yang terdiri dari kelas eksperimen sebanyak 25 peserta didik dan kelas kontrol sebanyak 25 peserta didik. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan uji-non parametrik Mann-Whiteney dan Uji-t. Instrumen yang digunakan pada kedua kelompok tersebut adalah tes kemampuan membaca pemahaman (literal interpretatif kritis kreatif) dengan 19 item pertanyaan yang valid dan memiliki tingkat reliabilitas sebesar 0 624 0 609 0 722 0 669. Hasil penelitian menunjukan (1) ada perbedaan yang signifikan terhadap peserta didik membaca pemahaman literal yang dibelajarkan yang menerapkan praktik mindfulness dengan pembelajaran konvensional (2) ada perbedaan yang signifikan terhadap peserta didik membaca pemahaman interpretatif yang dibelajarkan yang menerapkan praktik mindfulness dengan pembelajaran konvensional (3) ada perbedaan terhadap peserta didik membaca pemahaman kritis yang dibelajarkan yang menerapkan praktik mindfulness dengan pembelajaran konvensional (4) ada perbedaan terhadap peserta didik membaca pemahaman kreatif yang dibelajarkan yang menerapkan praktik mindfulness dengan pembelajaran konvensional (5) ada perbedaan terhadap peserta didik membaca pemahaman yang dibelajarkan yang menerapkan praktik mindfulness dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jul 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/348125

Actions (login required)

View Item View Item