Strategi pembinaan melalui project citizen untuk penguatan self confidence dan creative skill peserta didik sekolah dasar /&nbsp;Rahadian Sofianto</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pembinaan melalui project citizen untuk penguatan self confidence dan creative skill peserta didik sekolah dasar /&nbsp;Rahadian Sofianto</p>

Sofianto, Rahadian (2024) Strategi pembinaan melalui project citizen untuk penguatan self confidence dan creative skill peserta didik sekolah dasar /&nbsp;Rahadian Sofianto</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sofianto Rahadian. 2024. Strategi Pembinaan Melalui Project Citizen untuk Penguatan Self confidence dan Creative skill Peserta Didik Sekolah Dasar. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar. Sekolah Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Untari M.Si Pembimbing (2) Dr. Shirly Rizki Kusumaningrum M.Pd. Kata Kunci strategi pembinaan Project Citizen penguatan self confidence creative skill Pendidikan Pancasila dalam kurikulum merdeka dirancang untuk mengembangkan berbagai kompetensi peserta didik baik dalam aspek personal maupun interpersonal. Berdasarkan observasi awal dan wawancara dengan guru kelas 5 ditemukan bahwa peserta didik kurang memiliki self confidence dalam menyampaikan ide pendapat dan pandangannya terkait permasalahan yang sedang dibahas dalam pelajaran selain itu peserta didik banyak menghafal materi pelajaran sehingga kemampuan mengingatnya hanya dalam jangka waktu pendek atau short term peserta didik fenomena yang terjadi yaitu peserta didik merasa malu apabila menjawab terlebih dahulu karena ada anggapan bahwa peserta didik yang menjawab lebih dahulu adalah yang paling pintar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan menganalisis (1) keterlaksanaan strategi penguatan self confidence dengan menerapkan model pembelajaran Project Citizen (2) keterlaksanaan strategi penguatan creative skill dengan menggunakan model pembelajaran Project Citizen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus yang dilaksanakan di SDN Sambi 1 Kecamatan Ringinrejo. Informasi diperoleh dari beberapa sumber data yaitu Kepala Sekolah Guru kelas 5 dan peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi wawancara dan dokumentasi lalu dianalisis menggunakan empat langkah reduksi data analisis penyajian dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan berbagai temuan sebagai berikut (1) program sekolah sangat penting dalam mendukung penguatan self confidence dan creative skill peserta didik (2) peserta didik memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan memiliki minat untuk memperdalam informasi yang telah mereka dapatkan dari narasumber (3) adanya tanggung jawab untuk melaksanakan keputusan yang telah diambil (4) peserta didik berusaha fokus terhadap materi yang dipelajari (5) setelah mendapatkan informasi yang dibutuhkan peserta didik mengaplikasikan menjadi karya nyata yang berisi semua aspek informasi . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemilihan model pembelajaran Project Citizen merupakan strategi yang tepat untuk memberikan penguatan self confidence dan creative skill peserta didik. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi antara penerapan model pembelajaran Project Citizen dengan penguatan self confidence dan creative skill peserta didik. Peserta didik yang memiliki self confidence tinggi akan berusaha mengeluarkan kemampuan terbaiknya dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan memiliki self confidence tinggi peserta didik akan lebih mudah berinteraksi dalam kelompok untuk berkolaborasi membuat karya yang unik berdasarkan ide dan gagasannya. Proses mengumpulkan informasi diskusi kelompok dan penyusunan portofolio memberikan penguatan creative skill peserta didik untuk berkreasi menciptakan dan menyelesaikan permasalahan yang timbul dalam kehidupan sehari-hari utamanya yang berkaitan dengan penerapan nilai-nilai Pancasila yang terjadi di masyarakat. Selain itu pengalaman belajar yang dimiliki oleh peserta didik akan membuat mereka mampu mengingat materi pelajaran dalam jangka waktu yang lama atau long term.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Jul 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/348123

Actions (login required)

View Item View Item