Tazkiyah, Era (2024) Praktik pendidikan karakter untuk membangun profil pelajar Pancasila dalam semangat toleransi masyarakat multikultural di Kota Singkawang: studi kasus di SD Bruder Singkawang / Era Tazkiyah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi keunikan Kota Singkawang sebagai Kota Toleransi. Toleransi menghadapi tantangan agar tidak tercipta intoleransi dalam masyarakat yang multikultural maupun dunia pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan beragam perencanaan program yang sejalan dengan Profil Pelajar Pancasila aksi nyata yang dilakukan para guru kendala yang dihadapi dan capaian keberhasilan penerapan pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus yang dilakukan di SD Bruder Singkawang dengan mewawancari secara mendalam kepala sekolah serta 13 orang guru yang menyesuaikan dengan kriteria peneliti selama 1 hingga 2 bulan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Hubberman yaitu data reduction data display dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan (1) Sekolah sudah berhasil menyusun perencanaan program yang melibatkan guru siswa dan orang tua siswa yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila dengan baik. (2) Para guru di SD Bruder Singkawang berhasil melaksanakan pendidikan karakter sesuai dengan bidang mata pelajaran masing-masing dan memahami pentingnya pendidikan karakter seperti dengan mengadakan tutor teman sebaya merolling tempat duduk memberikan literasi pendidikan karakter dan beragam lainnya yang menyesuaikan dengan kemampuan dan kreativitas dari para guru.(3) Para guru di SD Bruder Singkawang belum mengoptimalkan dengan baik mengenai pendidikan karakter dan juga pemahaman nengenai Profil Pelajar Pancasila dengan menemukan beberapa kendala seperti pemahaman Profil Pelajar Pancasila dan pemanfaatan platform di Kurikulum Merdeka yang rendah karena singkatnya pelatihan yang diterima oleh para guru pergantian guru yang sudah berpengalaman dan memahami Profil Pelajar Pancasila oleh guru pengganti yang belum memiliki pemahaman yang memadahi dan kelas yang besar merepotkan guru dalam memberikan pendidikan karakter. (4) SD Bruder Singkawang berhasil menerapkan semangat toleransi ditandai dengan meningkatnya indikator toleransi pada rapor sekolah sehingga beragam program sudah mencapai target standar dari Dinas Pendidikan. Beragam pelatihan untuk guru dan kepala sekolah diadakan untuk meningkatkan kompetensi. Kedepannya kepala sekolah diharapkan mampu memotivasi guru dengan memberikan lebih banyak pelatihan dan juga guru diharapkan mau mengupgrade kemampuannya sesuai dengan zaman. Pendidikan Karakter para guru SD Bruder mampu membawa contoh baik dan nyata bagi siswa menghadapi perbedaan yang ada untuk hidup di tengah masyarakat yang multikultural.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/348121 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |