Widhiastuti, Kingkin (2024) Pengaruh project based learning berbantuan game wordwall terhadap kecakapan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar / Kingkin Widhiastuti</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Widhiastuti Kingkin. 2023. Pengaruh Project Based Learning Berbantuan Game Wordwall Terhadap Kecakapan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar. Sekolah Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Kata Kunci Project Based Learning PJBL Game Wordwall Berpikir Kritis Kemampuan untuk melakukan evaluasi obyektif dan berpikir rasional dalam menghadapi informasi atau situasi adalah esensi dari kecakapan berpikir kritis. Kecakapan ini penting dimiliki oleh setiap individu karena dapat membantu dalam memecahkan masalah pengambilan keputusan dan kreativitas. Akan tetapi dari hasil observasi diketahui Masih ada banyak siswa yang tidak terlibat secara optimal dalam proses pembelajaran dan khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan mereka masih banyak melakukan hafalan sehingga dirasa pemahaman mereka masih kurang dan pola berpikir kritis mereka perlu diasah agar mereka bisa memahami pembelajaran dengan maksimal. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat dimanfaatkan supaya membuat aktif siswa ialah melalui penggunaan pembelajaran berbasis proyek. Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) merupakan pendekatan pembelajaran yang fokus pada peran siswa. Dalam konteks PJBL peserta didik memiliki kesempatan untuk secara aktif terlibat dalam seluruh rangkaian pembelajaran mulai dari tahap perencanaan pelaksanaan hingga evaluasi. Ini mendorong peserta didik guna meningkatkan kecakapan berpikir kritis saat mengatasi tantangan dan menciptakan produk kreatif. Dalam konteks penelitian ini produk yang akan dihasilkan adalah pembuatan kliping tentang Keberagaman Budaya Bangsaku. Tujuan dari penelitian ini berguna mengevaluasi dampak pembelajaran PJBL berbantuan game Wordwall berkenaan dengan kecakapan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengevaluasi sejauh mana penerapan model pembelajaran tersebut bisa mengembangkan kapasitas berpikir kritis dalam kerangka pembelajaran yang menggunakan game sebagai dasarnya. Dalam penelitian ini diterapkan metode kuantitatif dengan rancangan eksperimental semu. Terdapat kelas kontrol dan kelas eksperimen di mana masing-masing kelompok akan menjalani uji awal (pretest) dan uji akhir (postest) untuk mengukur keberhasilan apakah sesuai dengan hipotesis ataukah tidak. Setiap kelompok terbentuk dari 38 siswa SDN 2 Girimoyo yang berada di Kabupaten Malang Jawa Timur. Setelah melaksanakan uji homogenitas dan uji normalitas penganalisisan hipotesis dalam penelitian ini dilakukan melalui uji independent t-test. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa Ha diterima artinya terdapat pengaruh antara pemanfaatan model PjBL berbantuan game wordwall terhadap kecakapan berpikir kritis siswa dan ini dapat ditegaskan melalui nilai sig 0.033 lt 0 05 Maka bisa ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil pembelajaran pada ujian akhir antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yang menunjukkan peningkatan dari skor nilai kelas kontrol 71 0526 menjadi 78 4211.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/348101 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |