Analisis keefektifan public relationship dalam menarik minat mahasiswa kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang / Reni Rohmatul Khusna - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis keefektifan public relationship dalam menarik minat mahasiswa kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang / Reni Rohmatul Khusna

Khusna, Reni Rohmatul (2012) Analisis keefektifan public relationship dalam menarik minat mahasiswa kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang / Reni Rohmatul Khusna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci public relation pemasaran keputusan mahasiswa Di Indonesia ada dua kelompok perguruan tinggi dilihat dari pengelolaannya yaitu perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta. Kebijakan pemerintah yang menjadikan perguruan tinggi sebagai Badan Hukum Pendidikan (BHP) mempunyai konsekuensi logis bagi perguruan tinggi negeri. Selama ini perguruan tinggi negeri menikmati dana APBN untuk menyelenggarakan pendidikan. Sedangkan dengan kebijakan ini perguruan tinggi negeri diharuskan mengali sendiri sumber dananya. Dalam kondisi tersebut telah memungkinkan perguruan tinggi negeri menempuh cara lain untuk menarik minat mahasiswa karena tidak dapat dipungkiri bahwa sumber dana terbesar perguruan tinggi diperoleh dari sumbangan mahasiswa. Bagi perguruan tinggi swasta BHP ini akan mengurangi campur tangan pemerintah dalam menentukan kebijakan internal perguruan tinggi swasta. Pemerintah hanya menempatkan diri sebagai regulator dan fasilitator penyelenggara pendidikan. Kondisi tersebut di atas tentu saja akan memacu persaingan antarperguruan tinggi baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta dalam menarik minat mahasiswa. Salah satu cara yang dilakukan perguruan tinggi dalam adalah dengan berlomba-lomba memberikan informasi kepada publik dan target pemasaran mengenai program-program unggulan fasilitas yang dimiliki prestasi mutu pendidikan pelayanan dan sebagainya. Dengan melakukan publikasi pada dasarnya perguruan tinggi telah melakukan kegiatan pemasaran. Fungsi pemasaran pada perguruan tinggi adalah menciptakan citra yang baik. Tujuannya untuk menarik minat mahasiswa untuk menggunakan layanan pendidikan yang ditawarkan oleh perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi 1) Bagaimanakah pelaksanaan public relations Universitas Muhammadiyah Malang 2) Seberapa tinggi keefektifan public relations dalam menarik minat mahasiswa memilih Universitas Muhammadiyah Malang Tujuan penelitian ini meliputi 1) Mendeskripsikan pelaksanaan public relations Universitas Muhammadiyah Malang 2) Mengetahui tingkat keefektifan public relations dalam menarik minat mahasiswa memilih Universitas Muhammadiyah Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan jumlah populasi mahasiswa UMM yang berjumlah 6195 orang mahasiswa. Sedangkan teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik ii proportional random sampling. Peneliti menggunakan rumus Formula Slovin sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 376 orang mahasiswa. Penelitian ini subjeknya mahasiswa baru tahun Angkatan 2011/2012. Teknik pengumpulan data dengan angket selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan public relation Universitas Muhammadiyah Malang yaitu dengan menggunakan strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang meliputi Product (produk) Price (harga) Place (tempat) Promotion (promosi) People (orang) Process (proses) dan Physical Evidence (bukti fisik) 2) Tingkat keefektifan public relation untuk strategi produk berada dalam kategori sangat efektif dengan persentase 50 78% untuk strategi harga (biaya pendidikan) berada dalam kategori efektif dengan persentase 57 44% untuk strategi lokasi kampus berada dalam kategori sangat efektif dengan persentasse 65 95% untuk strategi promosi berada dalam kategori efektif dengan persentase 58 77% untuk strategi orang(personalia) berada dalam kategori efektif dengan persentase 65 15% untuk strategi proses berada dalam kategori efektif dengan persentase 47 87% untuk strategi fisik berada dalam kategori efektif denga persentase 59 57% sedangkan untuk keputusan mahasiswa baru tergolong dalam kategori sejutu dengan persentase 53 54%. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian maka implikasi penelitian ini yaitu 1) Setiap lembaga pendidikan mutlak melakukan pemasaran agar berkembang bertahan hidup dan memiliki kemampuan bersaing. Maka dalam mengkomunikasikan diri harus dilakukan penekanan pada strategi periklanan dengan cara memberikan informasi yang akurat sehingga masyarakat mengetahui keunggulan yang dimiliki oleh lembaga pendidikan 2) Jika keberhasilan pemasaran yang dilakukan perguruan tinggi ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah calon mahasiswa yang mendaftar maka pemasaran harus dilakukan dengan tepat sehingga sumber daya yang ada baik finansial maupun manusia dapat dikelola seefisien mungkin. Langkah yang dapat ditempuh adalah mengembangkan unsur dalam bauran pemasaran yang dirasa paling efektif mempengaruhi proses keputusan calon mahasiswa. Berdasarkan implikasi-implikasi tersebut dikemukakan saran-saran sebagai berikut yaitu 1) Kepala Hubungan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Malang hendaknya lebih berperan aktif dan inovatif dalam melakukan publikasi. Kepala Humas harus dapat melihat strategi yang tepat yang digunakan dalam proses publikasi tidak hanya strategi pemasaran melainkan metode pendekatan dan model periklanan. Sehingga tidak terjadi penurunan jumlah mahasiswa pada tahun-tahun berikutnya 2) Bagi orangtua mahasiswa atau mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang hendaknya mahasiswa harus detail dalam mencari informasi mengenai perguruan tinggi yang ada dan orangtua harus menyiapkan biaya pendidikan yang semakin hari semakin meningkat 3) Bagi Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan dapat dijadikan sebagai tambahan referensi yang berhubungan dengan Manajemen Humas dan dapat memberikan informasi serta gambaran mengenai fungsi Humas dalam menarik perhatian publik 4) Bagi peneliti lain dapat digunakan sebagai bahan rujukan untuk melakukan penelitian selanjutnya. Apabila ingin mengadakan penelitian lebih lanjut sebaiknya dikembangkan secara lengkap tentang kualitas layanan dalam meningkatkan jumlah mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3481

Actions (login required)

View Item View Item