Pengembangan buku pertanyaan pengarah tersurat, tersirat, dan tersorot dalam menguatkan literasi membaca peserta didik Kelas iv Sekolah Dasar / Muntaza Nur Aini</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku pertanyaan pengarah tersurat, tersirat, dan tersorot dalam menguatkan literasi membaca peserta didik Kelas iv Sekolah Dasar / Muntaza Nur Aini</p>

Aini, Muntaza Nur (2024) Pengembangan buku pertanyaan pengarah tersurat, tersirat, dan tersorot dalam menguatkan literasi membaca peserta didik Kelas iv Sekolah Dasar / Muntaza Nur Aini</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Literasi membaca di sekolah dasar mempunyai peranan penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Literasi membaca ialah kecakapan dalammembaca yang dilakukan oleh peserta didik. Peserta didik tidak hanya sekedar membaca tetapi peserta didik mampu memahami menemukan informasi serta dapat merefleksi serta melakukan evaluasi bacaan yang telah baca.Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk ldquo Pengembangan Buku Pertanyaan Pengarah Tersurat Tersirat Dan Tersorot Dalam Menguatkan Literasi Membaca Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar rdquo yang dikemas menjadi buku panduan penguatan literasi membaca peserta didik kelas IV sekolah dasar. Pengembangan produk yang dilakukan didasarkan pada analisis kebutuhan peserta didik. Pertanyaan merupakan kegiatan yang sangatdiperlukan dalam proses pembelajaran. Hal ini disesuaikan bahwa konteks dari kegiatan literasi membaca bukan hanya menjadikan peserta didik memiliki kemampuan membaca tetapi kemampuan menganalisis suatu bacaan dan memahami konsep di balik tulisan tersebut. Dikarenakan jika peserta didik tidak dibiaskan dalam berfikir tinggi maka peserta didik akan memiliki kendala atau tidak mampu mengembangkan kemampuannya terutrama pada aspek kognitif.Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahap pengembangan yaitu alnalys design development implementation and evaluation. Kelima tahapan tersebut dilengkapi dengan pemberian soal test guna menguji keefektifan pengembangan pertanyaan pengarahtersurat tersirat dan tersorot dalam menguatkan literasi membaca peserta didik kelas IV sekolah dasar.Hasil dari penelitian membuktikan bahwa produk pengembangan ini layak diimplementasikan karena telah memenuhi kelayakan dari segi kevalidan keprkatisan kebahasaan keefektifan dan reliabilitas soal yang baik. Hasil ini dibuktikan berdasarkan dari hasil peserta didik dalam mengerjakan posttest AKMliterasi membaca.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jan 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/348099

Actions (login required)

View Item View Item