Ongki, Mayyon Fari (2016) Pengaruh gaya belajar (learning style) dan fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Sumenep / Mayyon Fari Ongki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ongki Mayyon Fari. 2015. Pengaruh Gaya Belajar (Learning Style) dan Fasilitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Sumenep. Skripsi Jurusan Akuntansi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Cipto Wardoyo S.E. M.Pd. M.Si. Ak. CA (II) Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci Gaya Belajar (learning style) Fasilitas Belajar Siswa dan Hasil Belajar. Gaya belajar (learning style) merupakan kombinasi bagaimana seorang siswa menyerap menerima mengatur dan mengolah informasi (pesan pembelajaran) yang diterimanya. Gaya belajar menurut modalitasnya terdiri dari gaya belajar visual auditorial dan kinestetik setiap siswa mampu belajar secara cukup efektif dengan cara visual auditorial dan kinestetik sehingga tidak membutuhkan perhatian khusus dalam belajar dan ada Pula beberapa siswa lebih menonjol menggunakan salah satu gaya belajar dari tiga tipe gaya belajar sehingga membutuhkan perhatian khusus dalam belajar. Siswa yang mengetahui gaya belajarnya maka akan mempermudah siswa tersebut dalam menyerap menerima mengatur dan mengolah informasi (pesan pembelajaran) sehingga akan meningkatkan hasil belajar siswa. Fasilitas belajar yang memadai akan dapat menumbuhkan daya imajinasi siswa untuk berkreasi dan membuat proses pembelajarn akan berjalan dengan lancar teratur dan nyaman serta dapat menghadapi perkembangan teknologi. Dengan adanya fasilitas belajar yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan siswa maka dapat mencari konsep menumbuhkan dan meningkatkan kemampuannya serta kecakapan hidup. Tentunya siswa harus memanfaatkan fasilitas belajar yang ada di rumah sekolah dan masyarakat dengan baik agar dapat membantu meningkatkan hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar akuntansi kelas X akuntansi SMK Negeri 1 Sumenep. (2) pengaruh fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar akuntansi kelas X akuntansi SMK Negeri 1 Sumenep Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi sekaligus sampel adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 sumenep yang berjumlah 67 Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 16.00 For Windows. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) gaya belajar berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar akuntansi di SMK Negeri 1 sumenep. Hal ini dapat dilihat dari thitung masing-masing gaya belajar sebesar (2 021 2 049 2 218) lebih besar dari ttabel 1 999. (2) Fasilitas belajar siswa berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar akuntansi di SMK Negeri 1 sumenep. Hal ini dapat dilihat dari thitung 2 304 lebih besar dari ttabel 1 999.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34808 |
Actions (login required)
View Item |