Adhawia, Willa (2022) Kepemimpinan Kepala Sekolah di masa krisis: proses pengambilan keputusan implementasi kebijakan bdr saat pandemi covid-19 di SD Negeri Kecamatan Singosari dan Lawang / Willa Adhawia</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Adhawia W. 2021. Kepemimpinan Kepala Sekolah di Masa Krisis Proses Pengambilan Keputusan Implementasi Kebijakan BDR Saat Pandemi Covid-19 di SD Negeri Kecamatan Singosari dan Lawang . Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Bambang Budi Wiyono (2) Syamsul Hadi. Kata Kunci kepemimpinan masa kritis pengambilan keputusan belajar dari rumah Krisis covid-19 menyebab kan proses pembelajaran beralih menjadi Belajar Dari Rumah (BDR). Kebijakan Belajar Dari Rumah (BDR) merupakan kebijakan baru bagi civitas akademik terutama pada jejang sekolah dasar. Kebijakan baru ini membuat kemampuan Kepala Sekolah diuji. Kepala Sekolah dihadapkan pada situasi krisis dimana pembelajaran harus tetap berlangsung namun harus tetap dapat menjaga siswa dari tertular virus covid-19. Keputusan-keputusan yang diambil oleh Kepala Sekolah pada masa ini menjadi sangat penting dan bahkan vital demi tercapainya dua tujuan utama tersebut. Oleh karena itu penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji secara sistematis tentang keputusan dan kebijakan kepala sekolah dalam suasana krisis ketika diberlakukannya Kebijakan Belajar Di Rumah (BDR) dalam rangka social distancing untuk menghambat perluasan wabah COVID-19. Penelitian ini difokuskan pada proses pengambilan keputusan dan kebijakan yang diambil Kepala Sekolah demi terciptanya pembelajaran di rumah yang efektif semasa wabah covid-19 yang terdiri dari enam tahapan yaitu (1) Identifikasi masalah (2) Membuat alternatif pemecahan masalah (3) Meninjau faktor pendukung dan penghambat pemecahan masalah (4) Memilih salah satu alternatif pemecahan masalah sebagai sebuah keputusan (5) Mengimplementasikan keputusan dan terakhir (6) Melakukan evaluasi terhadap implementasi keputusan. Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi yang berharga bagi penyiapan menghadapi krisis sejenis di masa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif yang mengupas tentang enam proses pengambilan keputusan kepala sekolah mengenai kebijakan BDR selama pandemi covid-19. Sampel yang diambil yaitu 4 Kepala Sekolah dari SD Negeri di Kecamatan Singosari dan Lawang. Data diperoleh melalui dokumentasi wawancara dan observasi. Hasil yang diperoleh yaitu selama awal penerapan BDR teridentifikasi permasalahan mengenai gawai internet sinyal kemampuan pengelolaan pembelajaran online kecanduan bermain game online dan kejujuran siswa. Setelah masalah teridentifikasi kepala sekolah menyiapkan alternatif pemecahan masalah minimal 2 pilihan. Alternatif yang akan diterapkan diputuskan melalui diskusi dengan guru dan wali murid dengan peninjauan faktor penghambat dan pendukungnya. Pengimplementasikan keputusan dilihat secara harian dan mingguan. Ketika implementasi kepala sekolah bertugas mengawasi dan menjadi partner berdiskusi guru jika sewaktu-waktu guru menemukan masalah. Walaupun pada situasi krisis kepala sekolah tetap mengedepankan sikap lsquo deliberate calm rsquo dan selalu bersikap lsquo bounded optimism rsquo .
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/348072 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |