Pengembangan media g-polin berbasis aplikasi android untuk meningkatan pengetahuan literasi numerasi pendukung AKM Sekolah Dasar / Renaldy Alfaris</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media g-polin berbasis aplikasi android untuk meningkatan pengetahuan literasi numerasi pendukung AKM Sekolah Dasar / Renaldy Alfaris</p>

Alfaris, Renaldy (2022) Pengembangan media g-polin berbasis aplikasi android untuk meningkatan pengetahuan literasi numerasi pendukung AKM Sekolah Dasar / Renaldy Alfaris</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian pengembangan ini mewujudkan produk berupa G-Polin berbasis aplikasi android dengan kriteria kelayakan. Penelitian ini bertujuan penelitian untuk mendeskripsikan kriteria kelayakan pengembangan media G-Polin melalui program Unity Android. Penulis menggunakan jenis R amp D(Research and Development) dengan model ADDIE. Tahapan analisis dilakukan dengan menganalisis kebutuhan peserta didik berupa game android menunjang karakteristik digital native yang menfasilitasi pembelajaran literasi numerasi tahapan desain menghasilkan flowchart dan storyboard untuk direalisasikan menjadi aplikasi android tahapan development dengan merealisasikan G-Polin tahapan impelentasi dengan melakukan Uji coba skala keciluntuk menvalidasi media pada ahli materi media dan uji coba kemenerikan tahapan evaluasi dengan mendeskripsikan kriteria keefektifan melalui uji coba skala besar. Prosedur penelitian pertama yaitu analisis kebutuhan gaya belajar peserta didik digital native yang senang melakukan kegiatan dengan smartphone untuk games tahapan desain dengan perancangan flowchart dan storyboard tahapan pengembangan dengan merealisasikan media G-Polin sampai menjadi prototype tahapan implementasi (Implementation) melalui Uji coba skala keciluntuk mendeskripsikan kriteria validasi materi mendapatkan nilai total 97 523% (kriteria sangat layak) Kriteria validasi media mendapatkan nilai total 87 94 573% (kriteria sangat layak) kriteria kemenarikan 292 jawaban ldquo Ya rdquo 99 97% (kriteria sangat menarik) dan tahapan Evaluating (Evaluasi) keefektifannya 0 71 (sangat tinggi) dan kelas kontrol sebesar 0 13 (sangat rendah).

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/348066

Actions (login required)

View Item View Item