Pengembangan modul kontekstual konstruktivis berbantuan komputer pada materi penyusunan jasa kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Malang / Herlinda Cahyaningtyastuti Riadi Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul kontekstual konstruktivis berbantuan komputer pada materi penyusunan jasa kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Malang / Herlinda Cahyaningtyastuti Riadi Putri

Putri, Herlinda Cahyaningtyastuti Riadi (2015) Pengembangan modul kontekstual konstruktivis berbantuan komputer pada materi penyusunan jasa kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Malang / Herlinda Cahyaningtyastuti Riadi Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK HerlindaCahyaningtyastuti R.P. 2012.PengembanganModulKontekstualKontruktivisBerbantuanKomputerPadaMateriPenyusunanLaporanKeuangan Perusahaan JasaSiswaKelas XI IPS Di SMANegeri 6 Malang.Skripsi FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) SriyaniMentari S. Pd. M.M (2) Dr. H. EkaAnantaSidharta S. E. M.M. Ak Kata Kunci ModulKontekstualKontruktivis. PembelajaranBerbantuanKomputer. Sistembelajardenganmodulmerupakanpaketbelajarmandiri yang meliputiserangkaianpengalamanbelajar yang direncanakandandirancangsecarasistematisuntukmembantusiswadalammencapaitujuanbelajar.Mulyasa (2002 43) menyatakanbahwatujuanutamadarisistemmoduladalahuntukmeningkatkanefisiensidanefektifitaspembelajaran di sekolahbaikdariwaktu dana fasilitasmaupuntenagagunamencapaitujuansecara optimal. Berdasarkanpenelitian yang telahdilakukanolehpeniliti di SMA negeri 6 Malang penelitimemperolehinformasitentangpembelajaran di SMA Negeri 6 Malang khususnyapadamatapelajaranAkuntansi.Observasiawal yang dilakukanolehpenelitiadalahmengadakanwawancaradanobservasi yang dilakukanpada guru Akuntansidansiswa siswa SMA Negeri 6 Malang. Dari hasilwawancaradanobservasi yang dilakukanpada guru dansiswadiperolehinformasibahwasumberbelajar yang digunakandalamkegiatanpembelajaranakuntansi di SMA Negeri 6 Malang adalah LKS yang hanyaberisilatihansoaldansedikitpenjelasan olehkarenaitu dalampelajaranakuntansi di perlukanpengembanganbahan ajar untukmenunjang proses pembelajaranyaitumodulpembelajarankontekstualkontruktivisberbantuan computer. Modulkontesktualkontruktivismempunyaikeunggulan yang bersifat informative edukatifdaninstruksional.Hasilujivalidasi yang menyatakanbahwamodul yang dikembangkanlayakuntukdigunakan.Hasiltersebuttidakmempunyaiartidalamkegiatanpembelajaranapabilatidakdapatmeningkatkanhasilpembelajaransiswa.Untukmengujimodulkontekstualkontruktivis yang dikembangkanmenggunakanuji t (t-test) independent sampeldenganbantuankomputer program SPSS versi 16.0.Hasiluji T- test pretest diperolehhasil 0.425 0.05 makaprobabilitas (p) 0.05 haltersebutmengasumsikanbahwakelaskontroldankelaseksperimenmempunyaikemampuanawal yang sama. Dan darihasil T-test posttest dapatdiketahuibahwaterdapatperbedaanantarahasilbelajarsiswadalamkelas yang diajardenganmenggunakanmodulkontesktualkontruktivisberbantuankomputerdengantanpamenggunakanmodulkontestualkontruktivisberbantuankomputer. Hal iniditunjukkandenganadanyaangkasignifikansisebesar 0 000 0 05 dimanajika (p) 0 05 hsltersebutmenjawabbahwapenggunaanmodulkontekstualkonstruktivisberbantuankomputerpadamateripenyusunanlaporankeuanganperusahaanjasadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa. Hal tersebutmendukungdarihasilvalidasibahwamodulkontesktualkontruktivisberbantuankomputer yang dikembangkanlayakdigunakandandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34805

Actions (login required)

View Item View Item