Pengembangan feedback formatif berbentuk game berbasis android untuk meningkatkan motivasi dan penguasaan konsep siswa pada pembelajaran IPA Sekolah Dasar / Bela Kusumaning Ayudawati</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan feedback formatif berbentuk game berbasis android untuk meningkatkan motivasi dan penguasaan konsep siswa pada pembelajaran IPA Sekolah Dasar / Bela Kusumaning Ayudawati</p>

Ayudawati, Bela Kusumaning (2022) Pengembangan feedback formatif berbentuk game berbasis android untuk meningkatkan motivasi dan penguasaan konsep siswa pada pembelajaran IPA Sekolah Dasar / Bela Kusumaning Ayudawati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penguasaan konsep siswa SDN di Tulungagung tergolong masih kurang. Terlihat dari nilai rata-rata penilaian akhir semester ganjil khususnya IPA yaitu 77 sedangkan nilai KKM yang harus dicapai yaitu 80. Berdasarkan wawancara guru dan siswa motivasi belajar siswa tergolong rendah ini terlihat dari kurang tepat waktunya siswa dalam mengerjakan dan mengumpulkan tugas selain itu saat dilakukan pembelajaran secara daring terlihat bahwa minat dalam merespon pembelajaran terlihat kurang antusias. Pembelajaran yang dilakukan secara daring dirasa kurang efektif dilakukan karena guru menjadi kesulitan dalam memantau siswa menyampaikan konsep materi serta pemberian feedback secara spesifik pada masing-masing siswa untuk meningkatkan motivasi siswa. Salah satu solusinya yaitu dengan menggunaka feedback formatif berbentuk game berbasis Android diharapkan akan membuat siswa merasa terbantu dalam mempelajari materi yang disampaikan sehingga dapat menguasai konsep yang dipelajari dan dapat memotivasi dalam belajar. Berdasarkan permasalahan yang ada penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan untuk mengetahui efektivitas kepraktisan dan validitas feedback formatif berbentuk game berbasis Android untuk meningkatkan motivasi dan penguasaan konsep siswa. Metode penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Rancangan penelitian yang dijadikan acuan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan oleh Borg and Gall. Adapun tahapan-tahapan penelitiannya adalah penelitian dan pengumpulan data perencanaan pengembangan draft produk uji coba lapangan awal revisi hasil uji coba uji coba lapangan utama penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan uji pelaksanaan lapangan penyempurnaan produk akhir dan diseminasi. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas V SD di Kab. Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data peningkatan motivasi belajar siswa yang memiliki Normalized gain sebesar 0 4 dengan kriteria peningkatan sedang dan peningkatan penguasaan konsep siswa yang memiliki Normalized gain sebesar 0 5 dengan kategori sedang. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pengembangan feedback formatif berbentuk game berbasis Android efektif praktis dan valid. Efektif digunakan berdasarkan nilai tes penguasaan konsep siswa yang memenuhi nilai KKM sebesar 87% siswa setelah menggunakan feedback formatif berbentuk game berbasis Android. Praktis digunakan berdasarkan berdasarkan nilai rata-rata total pada angket respon siswa sebesar 3 3 dengan kriteria ldquo praktis rdquo . Dikatakan valid berdasarkan uji validitas yang diperoleh dari validator ahli media dengan jumlah rata-rata skor sebesar 3 7 yang termasuk dalam kategori ldquo valid rdquo dan dari validator ahli materi diperoleh jumlah rata-rata sebesar 3 6 dan termasuk dalam kategori ldquo valid rdquo . Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa feedback formatif berbentuk game berbasis Android yang telah dikembangkan telah memenuhi kriteria valid praktis dan efektif untuk meningkatkan motivasi siswa dan penguasaan konsep siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/348021

Actions (login required)

View Item View Item