Penerapan metode Index Card Match berbasis Lesson Study untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi pencatatan jurnal khusus siswa kelas XI AK 1 SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Juan Eko Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode Index Card Match berbasis Lesson Study untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi pencatatan jurnal khusus siswa kelas XI AK 1 SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Juan Eko Prasetyo

Prasetyo, Juan Eko (2015) Penerapan metode Index Card Match berbasis Lesson Study untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi pencatatan jurnal khusus siswa kelas XI AK 1 SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Juan Eko Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasetyo Juan Eko. 2015. Penerapan MetodeIndex Card Match berbasis Lesson StudyUntuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam mata Pelajaran Akuntansi Pencatatan Jurnal Khusus Siswa Kelas XI AK 1 SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumadi M.M (II) Dr. Puji Handayati S.E. M.M. Ak CA CMA Kata kunci Index Card Match Lesson Study Partisipasi Hasil Belajar. Observasipenelitisaat melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan menemukan fakta bahwa guru akuntansi menggunakan metode pembelajaran konvensional sehingga siswa bosan pasif. Alternatif metode pembelajaran untuk mengatasi hal tersebut adalah metodeIndex Card Match. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas berbasis Lesson Studydengan dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan (plan) pelaksanaan (do) dan refleksi (see). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AK 1 SMK Muhammadiyah 3 Singosari.Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif melalui tes observasi dokumentasidan format Lesson Study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan partisipasi siswa sebesar 10 24% dari siklus I ke siklus II. Ketuntasan hasil belajar juga meningkat sebesar 9 32%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metodeIndex Card Match berbasis Lesson Study terlaksana dengan baik. Keberhasilan dalam meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa telah terlihat. Peneliti memberikan saran sebagai berikut (1) Sekolah hendaknya memperhatikan infrastruktur sekolah guna menunjang keberhasilan siswa (2) Guru mata pelajaran akuntansi hendaknya menerapkan beragam metode pembelajarandan sebagai alternatif metode Index Card Match dapat diterapkan (3) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya mengkombinasikan metode ini dengan metode pembelajaran lainpada tempat dan subyek yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34802

Actions (login required)

View Item View Item