Implementasi model active learning tipe small group work untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK 2 SMK Negeri 1 Ngawi / Ressica Okky Herlita - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model active learning tipe small group work untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK 2 SMK Negeri 1 Ngawi / Ressica Okky Herlita

Herlita, Ressica Okky (2015) Implementasi model active learning tipe small group work untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK 2 SMK Negeri 1 Ngawi / Ressica Okky Herlita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Herlita Ressica Okky. 2015. Implementasi Model Actve Learning tipe Small Group Work untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI AK 2 SMKN 1 Ngawi. Skripsi Prodi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryanto M. Ed (II) Hj. Yuli Widi Astuti SE M. Si Ca. Kata kunci Model Active Learning Tipe Small Group Work Keaktifan Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada kelas XI AK 2 SMKN 1 Ngawi mata pelajaran Pengantar Akuntansi didapatkan fakta bahwa pembelajaran seutuhnya masih dijelaskan oleh guru (teacher oriented) sehingga siswa kurang aktif dan sering melakukan kegiatan di luar kegiatan pembelajaran. Dari nilai siswa sebelum dilakukan tindakan terlihat bahwa ketuntasan kelas mengalami penurunan dari ulangan harian pertama mencapai 80% kedua 65% dan yang ketiga adalah 43 3% dan yang mencapai KKM atau yang sudah tuntas adalah 56 7% sedangkan KKM yang ditentukan adalah 80. Oleh karena itu agar dapat meningkatkan pembelajaran perlu diadakan perbaikan yaitu dengan menerapkan model Active Learning tipe Small Group Work. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Keaktifan siswa selama pembelajaran dengan menerapkan model Active Learning tipe Small Group Work (2) hasil belajar siswa setelah diterapkan model Active Learning tipe Small Group Work. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu lembar observasi penyusunan RPP lembar observasi pelaksanaan pembelajaran lembar observasi keaktifan siswa dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Active Learning tipe Small Group Work untuk siswa kelas XI AK 2 SMKN 1 Ngawi dapat dilaksanakan dengan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan adanya keaktifan siswa meningkat siklus I diperoleh 67 5 menjadi 84 2 pada siklus II. Hasil belajar juga meningkat dari rata-rata 80 16 dan ketuntasan kelas 76 67% pada siklus I dan pada siklus II menjadi rata-rata 86 5 dan ketuntasan kelas mencapai 88 67%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan dalam melaksanakan model Active Learning tipe Small Group Work ini hendaknya guru mempersiapkan semua perangkat pembelajaran dengan matang. Hal ini dimaksudkan agar mudah mengorganisasikan kelas dan agar guru dapat mengorganisasikan waktu pembelajaran dengan baik pula. Guru diharapkan memberikan penguatan yang dapat memacu keaktifan siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34801

Actions (login required)

View Item View Item