Hubungan tingkat pendidikan dan disiplin kerja dengan produktivitas kerja pegawai dinas pendidikan daerah kota Blitar / Helmi eka ramadani - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan tingkat pendidikan dan disiplin kerja dengan produktivitas kerja pegawai dinas pendidikan daerah kota Blitar / Helmi eka ramadani

Ramadani, Helmi Eka (2012) Hubungan tingkat pendidikan dan disiplin kerja dengan produktivitas kerja pegawai dinas pendidikan daerah kota Blitar / Helmi eka ramadani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci tingkat pendidikan disiplin kerja produktivitas kerja Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin menuntut adanya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) secara terarah dan terpadu dalam setiap bidang sehingga perlu ada suatu upaya mengembangkan kualitas manusia sebagai modal persaingan dalam dunia pekerjaan yang semakin ketat. Profesionalisme pegawai dapat ditempuh dengan berbagai cara diantaranya adalah melalui jalur pendidikan. Pendidikan mempunyai maksud sebagai upaya pembinaan manusia agar dapat memiliki potensi yang dibutuhkan dalam menjalankan suatu pekerjaan. Produktivitas merupakan hal yang sangat penting dalam pencapaian tujuan organisasi. Produktivitas kerja dapat dikatakan tinggi jika hasil yang diperoleh lebih besar daripada sumber kerja yang dipergunakan. Aspek terpenting dalam peningkatan produktivitas kerja pegawai adalah dengan menciptakan iklim kerja yang kondusif serta pembinaan sikap disiplin yang tinggi untuk mentaati segala peraturan yang telah ditetapkan. Disiplin kerja sangat dibutuhkan bagi para pegawai agar dapat bekerja lebih giat dan tercapai hasil yang maksimal. Tujuan penelitian ini secara rinci adalah (1) mendeskripsikan tingkat pendidikan pegawai (2) mendeskripsikan tingkat disiplin kerja pegawai (3) mendeskripsikan tingkat produktivitas kerja pegawai (4) mengetahui apakah ada hubungan secara parsial yang signifikan antara tingkat pendidikan dengan produktivitas kerja pegawai (5) mengetahui apakah ada hubungan secara parsial yang signifikan antara disiplin kerja dengan produktivitas kerja pegawai (6) mengetahui apakah ada hubungan secara simultan yang signifikan antara tingkat pendidikan dan disiplin kerja dengan produktivitas kerja pegawai Dinas Pendidikan Daerah Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dengan pendekatan kuantitatif deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket/kuesioner dan metode dokumentasi. Pada penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui keabsahan data penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik regresi ganda dan korelasi ganda. Berdasarkan analisis data tersebut diperoleh kesimpulan mengenai hasil penelitian sebagai berikut (1) tingkat pendidikan pegawai Dinas Pendidikan Daerah Kota Blitar berada dalam kategori sangat tinggi dan tingkat pendidikan paling banyak adalah jenjang pendidikan sarjana (S1) (2) disiplin kerja pegawai Dinas Pendidikan Daerah Kota Blitar berada dalam kategori tinggi (3) produktivitas kerja pegawai Dinas Pendidikan Daerah Kota Blitar berada dalam kategori tinggi (4) tidak ada hubungan secara parsial yang signifikan antara tingkat pendidikan dengan produktivitas kerja (5) ada hubungan secara parsial yang signifikan antara disiplin kerja dengan produktivitas kerja (6) ada hubungan ii secara simultan yang signifikan antara tingkat pendidikan dan disiplin kerja dengan produktivitas kerja pegawai Dinas Pendidikan Daerah Kota Blitar. Berdasarkan kesimpulan dari penelitian ini maka saran dapat dirumuskan sebagai berikut (1) Kepala Dinas Pendidikan Daerah Kota Blitar yaitu mengingat variabel tingkat pendidikan disiplin kerja dan produktivitas kerja berada pada kategori yang tinggi maka Kepala Dinas Pendidikan Daerah Kota Blitar harus senantiasa lebih meningkatkan produktivitas kerja pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan guna mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. (2) Pegawai Dinas Pendidikan Daerah Kota Blitar yaitu pegawai diharapkan untuk lebih meningkatkan produktivitas kerjanya secara kontinyu menuju produktivitas kerja yang sangat tinggi agar dapat tercapai tujuan dari organisasi. (3) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan yaitu hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi sumber referensi bagi perkembangan perkuliahan khususnya yang membidangi ilmu manajemen sumber daya manusia (SDM). (4) Peneliti Lain yaitu mengingat masih terdapat beberapa kekurangan pada penelitian ini diantaranya pada keterbatasan populasi penelitian dan variabel penelitian yang diteliti maka diharapkan pada penelitian selanjutnya untuk lebih disempurnakan baik dari segi populasi penelitian variabel penelitian dan juga instrumen penelitian yang digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3480

Actions (login required)

View Item View Item